THE ROLE OF APPEARANCE-RELATED SOCIAL COMPARISON ON SELF-ESTEEM USING BODY IMAGE AND INSTAGRAM INTENSITY USAGE AS MEDIATOR
SETIAWATI DWI S, Wahyu Jati Anggoro, S.Psi., M.A
2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGISelf-esteem merupakan bagian integral dari prestasi siswa dalam keberhasilan akademik mereka, terutama selama universitas yang merupakan fase penting bagi mahasiswa Indonesia dalam mengalami banyak peristiwa untuk pertama kalinya, termasuk transisi dari remaja ke dewasa muda. Self-esteem diperlukan bagi mahasiswa untuk mendukung mereka agar dapat bertahan selama masa-masa kuliah dan transisi antara dua tahap perkembangan di mana sebagian besar individu sangat memperdulikan penampilan fisik mereka dan cenderung membandingkan diri mereka sendiri. 152 mahasiswa yang berusia 18 tahun ke atas dan merupakan pengguna Instagram aktif berpartisipasi dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji self-esteem individu yang dapat diprediksi dari peran perbandingan sosial terkait penampilan yang dimediasi melalui media sosial khususnya Instagram dan citra tubuh menggunakan analisis regresi mediasi. Temuan penelitian ini tidak signifikan dan gagal menolak hipotesis null, oleh karena itu, tidak ada peran negatif dan positif dari perbandingan ke atas dan ke bawah terhadap self-esteem yang dimediasi oleh citra tubuh dan penggunaan intensitas Instagram. Studi ini mengisi kesenjangan dari literatur sebelumnya dan bermanfaat bagi peneliti yang secara khusus tertarik pada perbandingan penampilan fisik, masalah penampilan, citra tubuh, self-esteem, dan media sosial.
Self-esteem is an integral part of students' achievement in their academic success, especially during university, a crucial phase for Indonesian students to experience things for the first time, transitioning from adolescence to young adulthood. Self- esteem is required for students to support them in surviving during the college years and transitioning between the two developmental stages where most individuals are concerned with their physical appearance and tend to compare themselves. 152 university students who are 18 or older and are active Instagram users participated in this study. The purpose of this study is to examine an individual's self-esteem that can be predicted from the role of appearance-related social comparison mediated through social media, specifically Instagram and body image using mediation regression analysis. The present research findings were found to be insignificant and fail to reject the null hypothesis, therefore there is no negative and positive role from upward and downward comparison towards self-esteem that is mediated by body image and Instagram intensity usage. The study fills the gap from prior literature and benefits researchers who are specifically interested in physical appearance comparison, appearance concerns, body image, self-esteem, and social media.
Kata Kunci : Appearance-related social comparison, body image, Instagram intensity, Instagram usage, self-esteem