Laporkan Masalah

PENGARUH PENDIDIKAN ETIKA BISNIS DAN SOSIALISASI ANTISIPATIF TERHADAP SIKAP INDIVIDU ATAS WHISTLEBLOWING (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM)

DWI ULFAH RIZQI A, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh atas pendidikan etika bisnis dan sosialisasi antisipatif terhadap sikap individu atas whistleblowing. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif guna mendeskripsikan hubungan antar variabel dependen dan independen yang tersedia serta peristiwa yang terjadi pada suatu populasi. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode survei dengan mendistribusikan kuesioner kepada seluruh mahasiswa aktif S1 Akuntansi FEB UGM angkatan 2017-2018 yang diasumsikan akan atau sudah memiliki pemahaman mengenai standar dan praktik akuntansi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode convenience sampling yang terdiri dari 180 mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM yang sudah maupun sedang mengambil mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi, dan Pengauditan I. Metode analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat pengetahuan mengenai pendidikan etika bisnis dan sosialisasi antisipatif yang dimiliki oleh mahasiswa akuntansi akan cenderung membuat mereka mengambil sikap atas tindakan whistleblowing. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pendidikan etika bisnis serta sosialisasi antisipatif berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap sikap individu atas whistleblowing pada mahasiswa S1 Akuntansi FEB UGM.

The aim of this study was to obtain learning on the impact of business ethics education and anticipatory socialization on individual behavior in executing whistleblowing. This study adjusted a quantitative approach to explain the correlation between available dependent and independent variables and events that occured in a population. The method adjusted in this study was a survey method by distributing questionnaires to all active students of S1 Accounting FEB UGM generation of 2017-2018 who were assumed to have or already had a perceptivity of accounting standards and practices. The sampling method used in this research was convenience sampling which consists of 180 undergraduate students from Accounting FEB UGM who had taken Business and Profession Ethics, and Auditing 1 courses. The analysis data method uses multiple regression. The result of this study indicate that the level of knowledge about business ethics education and anticipatory socialization owned by accounting students would tend to make them arresting an attitude to take whistleblowing actions. The conclusion obtained from this study was that business ethics education and anticipatory socialization had a significant positive impact on individual attitudes in doing whistleblowing on undergraduate accounting students of FEB UGM.

Kata Kunci : pendidikan etika bisnis, sosialisasi antisipatif, whistleblowing

  1. S1-2022-397010-abstract.pdf  
  2. S1-2022-397010-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-397010-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-397010-title.pdf