Gambaran Sikap Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Tingkat Akademik Universitas Gadjah Mada Terhadap Bullying
SYAIFUL GHOZALI, Dr. Sri Setiyarini, S.Kp., M.Kes.; Totok Harjanto, S.Kep., Ns., M.Kes.; Kurnia Putri Yuliandari, S.Kep., Ns., M.Sc.
2022 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANLatar belakang: Tindakan bullying pada perguruan tinggi juga terjadi di lingkungan mahasiswa kedokteran. Pengabaian terhadap tindakan bullying di dunia profesional akan berdampak buruk terhadap perkembangan profesi itu sendiri. Cukup banyaknya sikap apatis dan tidak memberikan teguran terhadap pelaku bullying menjadikan hal tersebut perlu mendapatkan perhatian serius. Tujuan: Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui Gambaran Sikap Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Tingkat Akademik Universitas Gadjah Mada Terhadap Bullying. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan Teknik sampling berupa total sampling dengan jumlah sampel sebesar 213 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa instrument data demografi yang berisi nama, usia, alamat, gender, dan tahun angkatan serta quesioner Bullying Attitude Questionnaire-Modified (BAQ-MM). Hasil: Sikap Mahasiswa PSIK FK-KMK UGM terhadap kejadian bullying memiliki skor yang tinggi dari setiap aspeknya. Aspek (1) persepsi keseriusan bullying dengan total skor rata-rata sebesar 4,52 termasuk kategori sangat tinggi, (2) apakah mereka mengidentifikasi situasi sebagai bullying atau tidak dengan persentase total yang menganggap skema sebagai bullying sebesar 97,8%, dan (3) empati terhadap bullying dengan skor rata-rata sebesar 4,54 termasuk kategori sangat tinggi. Kesimpulan: Sikap mahasiswa PSIK FK-KMK UGM terhadap bullying memiliki skor yang tinggi berdasarkan tiga aspek sikap terhadap skema bullying, mahasiswa memiliki total skor yang sangat tinggi pada aspek persepsi keseriusan bullying dan empati terhadap bullying, aspek sikap mahasiswa terhadap kejadian bullying berdasarkan skema sebesar 97,8%.
Background: Bullying in college also occurs in medical students. Ignoring bullying in the professional world will have a negative impact on the development of the profession itself. Quite a lot of apathy and not giving a warning to the perpetrators of bullying make it need to get serious attention. Objective: This study aims to determine the Attitudes of Students of the Nursing Science Study Program at the Academic Level of Gadjah Mada University towards Bullying. Methods: This research is a descriptive study with a quantitative approach. Using a sampling technique in the form of total sampling with a total sample of 213 students. The instrument used is a demographic data instrument containing name, age, address, gender, and year of class as well as a Bullying Attitude Questionnaire-Modified (BAQ-MM). Results: The attitude of PSIK FK-KMK UGM students towards bullying incidents has a high score from every aspect. Aspects (1) the perception of the seriousness of bullying with a total average score of 4.52 including the very high category, (2) whether they identify the situation as bullying or not with a total percentage that considers the scheme as bullying is 97.8%, and (3 ) empathy towards bullying with an average score of 4.54 including the very high category. Conclusion: The attitude of PSIK FK-KMK UGM students towards bullying has a high score based on three aspects of attitudes towards bullying schemes, students have a very high total score on aspects of perception of the seriousness of bullying and empathy for bullying, aspects of student attitudes towards bullying incidents based on scheme of 97.8%.
Kata Kunci : bullying, bullying fisik, bullying verbal, bullying sosial, mahasiswa keperawatan, PSIK UGM.