Laporkan Masalah

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan pada Anak Usia Balita dengan Gizi Kurang : A Literature Review

KHAIRUNNISA, Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes., Ph.D; Ema Madyaningrum, S.Kep., Ns., M.Kes

2022 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang : Gizi kurang pada balita masih menjadi permasalahan banyak negara di dunia dan perilaku makan pada anak dapat mempengaruhi gizi kurang. Terdapat faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak balita dengan gizi kurang. Telah banyak penelitian yang meneliti mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak. Berdasarkan penelitian-penelitian yang sudah dilakukan tersebut dapat dilakukan literature review untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak balita dengan gizi kurang. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak balita dengan gizi kurang. Metode : Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan melakukan pencarian artikel pada tiga database yaitu PubMed, Science Direct, dan Ebscohost. Pencarian artikel menggunakan kata kunci berbahasa inggris under five years AND undernutrition OR malnutrition AND factors related to child eating behavior OR child eating practice AND community dan dihasilkan sebanyak 4.419 artikel. Kemudian, artikel yang didapat dilakukan skrining judul, abstrak, isi dan penilaian critical appraisal menggunakan JBI (Joanna Briggs Institute) critical appraisal tools sehingga dihasilkan tujuh artikel yang dapat di analisis. Hasil : Didapatkan tujuh artikel untuk dianalis. Dari artikel yang dianalisis ditemukan dua faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak balita dengan gizi kurang, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Diantaranya enam artikel membahas mengenai faktor eksternal dan satu artikel membahas mengenai faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari pemberian makan (pemberian makan prelakteal, pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI), pemberian makan oleh pengasuh, dan pemberian ASI eksklusif), lalu kurangnya keragaman pangan, dan durasi menyusui. Sedangkan faktor internal dari anak itu sendiri terdiri dari perilaku menyukai makanan dan perilaku menolak makanan Kesimpulan : Faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak balita dengan gizi kurang terdiri dari dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Background : Under nutrition in toddlers is still a problem in many countries globally, and eating behavior in children can affect malnutrition. There are factors related to eating behavior in underweight children under five. There have been many studies examining the factors associated with eating behavior in children. Based on the studies done, a literature review can be carried out to determine the factors related to eating behavior in underweight children under five. Research Objectives : To find out the factors associated with eating behavior in underweight children under five years. Methods : This study uses a literature review method by searching for articles on three databases, namely PubMed, Science Direct, and Ebscohost. The search for articles using English keywords under five years AND undernutrition OR malnutrition AND factors related to child eating behavior OR child-eating practice AND community resulted in 4,419 articles. Then, the articles obtained were screened for titles, abstracts, content and critical appraisal assessments using JBI (Joanna Briggs Institute) critical appraisal tools so that seven articles were produced that could be analyzed. Results : Seven articles were obtained for analysis. The articles analyzed found that two factors related to eating behavior in underweight children under five, namely external factors and internal factors. Among them are six articles discussing external factors and one article discussing internal factors. External factors consist of feeding (pre-lacteal feeding, complementary feeding, feeding by caregivers, and exclusive breastfeeding), then lack of food diversity, and duration of breastfeeding. At the same time, the internal factors of the child itself consist of the behavior of liking food and behavior of refusing food. Conclusion : Factors related to eating behavior in undernourished children consist of two, namely external factors and internal factors.

Kata Kunci : Balita, anak di bawah lima tahun, gizi kurang, malnutrisi, faktor yang berhubungan dengan perilaku makan pada anak.

  1. S1-2022-409105-abstract.pdf  
  2. S1-2022-409105-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-409105-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-409105-title.pdf