Laporkan Masalah

Perancangan Kursi Kerja Ergonomis Pada Stasiun Kerja Pemasakan Kue Semprong UMKM Ndalem Katelan Kabupaten Bantul

INNOCENTIUS CATRA ADITYA, Dr. Ir. Guntarti Tatik Mulyati, M. T. ; Prof. Dr. Ir. M. Maksum, M.Sc. ; Dr. Mirwan Ushada, STP., M.AppLife.Sc.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Kenyamanan dari pekerja merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan. Selama bekerja, pekerja perlu berada dalam kondisi yang aman dan nyaman agar dapat bekerja sebaik mungkin untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Analisis dan aplikasi ilmu ergonomi yang baik pada lingkungan kerja, akan membantu meningkatkan kenyaman saat bekerja dan meminimalisir rasa sakit pada bagian otot-otot skeletal yang biasa disebut dengan sebutan musculoskeletal disorders (MSDs) pada pekerja. Penelitian dilaksanakan pada UMKM Ndalem Katelan yang terletak pada daerah Bantul di Yogyakarta. Stasiun kerja pemasakan merupakan stasiun kerja yang akan diteliti, berdasarkan lama waktu kerja yang dimiliki oleh stasiun kerja tersebut merupakan yang terlama dari stasiun kerja yang lainnya. Pada stasiun kerja yang kurang ergonomis, akan dilaksanakan perancangan kursi, berdasarkan dari data antropometri pekerja, sehingga kursi yang telah dirancang dapat digunakan oleh pekerja pada stasiun kerja tersebut. Hasil Kuesioner NBM (Nordic Body Map) akan digunakan sebagai dasar untuk menganalisa kondisi pekerja, sekaligus menjadi tolak ukur untuk perbandingan sebelum dan sesudah kursi digunakan. Selain NBM, studi waktu juga akan digunakan untuk membandingkan dampak kursi terhadap produktivitas pekerja. . Telah dirancang sebuah kursi yang dapat menurunkan skor NBM sebesar 8 skor dan 23 skor dari 2 pekerja pada stasiun kerja pemasakan tersebut. Pada produktivitas dari pekerja, tidak terdapat perubahan yang signifikan dengan produktivitas dari 1,43 kue semprong/menit menjadi 1,41 kue semprong/menit.

The comfort of workers is one of the most important faktor that needs to be noticed by a company. When working, workers needs to be in a safe and comfortable position to produce a product in great quality. A great analysis and application of ergonomics on a workspace, will help the workers by creating a comfortable environment while they are working, while also decreasing numbness and pain on workers muscle and skeletal system, also known as musculoskeletal disorders (MSDs). The research is conducted at Ndalem Katelan production house that is located at Bantul district in Yogyakarta. The cooking division workspace will be further analyzed due to the length of the worktime that is used by the workers in that division, that is longer than the others. A design process will be held in that workspace, which intends to design a chair based on the anthropometric data of workers in that particular workspace, giving the chance for the workers in that workspace to use it as it is intended. Nordic Body Map (NBM) analysis is going to be used as the base to analyze the condition of the workers, while also used as a tool to compare the effect caused by the chair on the workers. Alongside NBM, time study will also be used to compare the impact of the chair on the productivity of the workers. A chair has been designed, and it had affected the NBM of 2 workers, decreasing their NBM score by 8 points and 23 points, on the other hand the productivity research shows no significant changes, from 1.43 eggroll/minute into 1.41 eggroll/minute.

Kata Kunci : Ergonomi, Perancangan, Antropometri

  1. S1-2022-413979-abstract.pdf  
  2. S1-2022-413979-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-413979-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-413979-title.pdf