Laporkan Masalah

PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO SAHAM INVESTOR INDIVIDUAL DI INDONESIA

PUTRI BUTARBUTAR, Marwan Asri, Prof., M.B.A., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis, apakah terdapat pengaruh literasi keuangan yang meliputi tiga dimensi yaitu tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, dan sumber informasi terhadap diversifikasi portofolio saham investor individual di Indonesia. Sampe yang digunakan terdiri dari investor yang memiliki saham lebih dari 1 selama periode Oktober 2020 hingga Maret 2021.Metode yang digunakan yaitu Multiple Linier Regression dengan hasil bahwa tingkat pendidikan dan ingkat pengetahuan berpengaruh secara positif dan dignifikan terhadap diversifikasi portofolio investor, dan sumber informasi ditemukan tidak berpengaruh terhadap diversifikasi portofolio investor. Dari enam kategori sumber informasi yang diteliti terdapat hanya satu sumber informasi yang memiiki pengaruh positif namun tidak signifikan.

This study aims to examine and analyze whether there is an effect of financial literacy which includes three dimensions, namely level of education, level of knowledge, and sources of information on the diversification of the stock portfolio of individual investors in Indonesia. The sample used consists of investors who have more than 1 stock during the period October 2020 to March 2021. The method used is Multiple Linear Regression with the result that level of education and level of knowledge have a positive and significant impact on investor portfolio diversification, and the source of information was found to have no effect on the diversification of the investor's portfolio. From the six categories of sources of information on this research, there is only one source of information that has a positive effect but not significant.

Kata Kunci : stock portfolio, financial literacy, individual investor

  1. S1-2022-411875-abstract.pdf  
  2. S1-2022-411875-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-411875-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-411875-title.pdf