Laporkan Masalah

Efektivitas Edukasi Kesehatan Gigi dengan Media Audio-Taktil terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Rongga Mulut Penyandang Tunanetra

ANNISA RESPATI F, drg. Ivan Arie Wahyudi, M.Kes., Ph.D ; drg. Friska Ani Rahman, M.DSc

2021 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

INTISARI Individu penyandang tunanetra memiliki keterbatasan dalam indra penglihatan, sehingga diperlukan media edukasi kesehatan gigi yang sesuai agar informasi dapat diterima secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi kesehatan gigi dengan media audio-taktil terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan rongga mulut penyandang tunanetra. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan eksperimental semu pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah responden tunanetra sejumlah 50 orang dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A diberi edukasi kesehatan gigi dengan media audio-taktil, sedangkan kelompok B dengan media audio saja. Peneliti memberikan kuesioner yang terdiri dari 21 pernyataan dengan metode wawancara kepada seluruh subjek penelitian sebelum dan sedudah diberikan edukasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik Wilcoxon Test dan Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan kesehatan rongga mulut sebelum dan dan setelah diberikan edukasi pada kedua grup dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Media audio-taktil lebih efektif dibandingkan dengan media audio saja dengan signifikansi 0,013 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini media audio-taktil efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan rongga mulut individu penyandang tunanetra. Kata kunci: Tunanetra, edukasi kesehatan gigi, media audio-taktil

ABSTRACT Individu with visual impairment has disturbance on the sense of sight. There are several methods or medias to deliver information, that can be well received by the blind. This study aims to discover the effectiveness of audio- tactile as an educational media in improving oral health knowledge of the blind. This type of research is analytic study by quase experimental pre-test and post-test design. The subject of this study were inividu with visually impaired consisting of 50 respondents and divided into two groups. Group A was given dental health education with audio-tactile medias, while group B was by audio media only. The researcher gave a questionnaire consisting of 21 questions about oral health knowledge to all subjects before and after dental health education. The collected data were analyzed using Wilcoxon Test and Mann Whitney Test. The results showed a significant difference to oral health knowledge before and after being given dental health education in two groups with significance value 0.000 (p<0.05). Dental health education with audio-tactile media has more influence to improve knowledge than dental health education with audio media only with significance value 0.013(p<0.05). The conclusions of this study show that dental health education with audio-tactile media effective for increasing oral health knowledge for individu with visually impairment. Key words: Visually Impairment, dental health education, audio-tactile

Kata Kunci : Tunanetra, edukasi kesehatan gigi, media audio-taktil

  1. S1-2021-414442-abstract.pdf  
  2. S1-2021-414442-bibliography .pdf  
  3. S1-2021-414442-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-414442-title.pdf