Laporkan Masalah

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Pariwisata Tegal Menggunakan Logika Fuzzy

DIKA PERMANA PUTRA, Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom., Dr

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Sudah banyak instansi yang memiliki database tetapi dibiarkan tanpa pengelolaan yang baik dan bermanfaat. Misalnya di objek wisata di Kota & Kab. Tegal dimana pengelolaan data pariwisatanya kurang tepat. Sehingga sulit ketika ingin mendapatkan informasi dan rekomendasi untuk memilih objek wisata secara efektif. Seiring pesatnya perkembangan teknologi pariwisata telah mengharuskan industri pariwisata untuk menerapkan teknologi informasi sehingga memberikan kemudahan bagi wisatawan untuk mengetahui daerah wisata sesuai dengan biaya, waktu dan jarak tempat wisata yang diinputkan. Penyediaan informasi pariwisata membantu wisatawan untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan untuk berwisata. Oleh karena itu, di Kota & Kab. Tegal, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk pemilihan objek wisata dengan menggunakan metode Logika Fuzzy Tahani untuk menghasilkan keputusan tentang objek wisata yang sesuai dengan kriteria pemilihan objek wisata. Logika Fuzzy Tahani dipilih karena Logika Fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi keanggotaan dengan kriteria-kriteria yang diambil mampu memilih wisata yang tepat, dengan rentang nilai keanggotaan 0 sampai 1. Elemen dengan nilai keanggotaan yang paling mendekati 1 adalah pilihan keputusan yang layak dipertimbangkan untuk diambil. Sistem ini akan diimplementasikan dengan menggunakan web programming dan database MySQL, dimana variabel yang menjadi pertimbangan adalah Jenis Wisata, Jumlah Fasilitas, Harga Tiket Wisata, Jumlah Pengunjung Wisatawan, Jarak Perjalanan dari Pusat Kota. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah sistem pendukung keputusan pemilihan objek wisata di Tegal berbasis web menggunakan metode Fuzzy Tahani yang mampu merekomendasikan objek wisata di Tegal sesuai dengan kriteria pengguna/wisatawan berdasarkan firestrength dari variabel yang dipilih. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan pemilihan objek wisata di Tegal menggunakan Fuzzy Tahani yang dapat merekomendasikan objek wisata di Tegal yang ditentukan oleh wisatawan tergantung pada kriteria wisatawan berdasarkan firestrength dari variabel yang di pilih.

There are many agencies that have databases but are left without good and useful management. For example, in tourist attractions in the City & District. Tegal where the management of tourism data is not appropriate. So it is difficult when you want to get information and recommendations to choose a tourist attraction effectively. Along with the rapid development of tourism technology, it has demanded the industry to apply information technology so as to provide convenience for tourists to find out tourist areas according to the cost, time, and distance of the tourist attractions entered. The provision of tourism information helps tourists to consider and make decisions to travel. Therefore, in Kota & Kab. Tegal, a decision support system is needed for the selection of tourist objects using the Fuzzy Tahani Logic method to produce decisions about tourist objects that match the criteria for selecting tourist objects. Holdi's Fuzzy Logic was chosen because the concept of Fuzzy logic is easy to understand, Fuzzy Logic is very flexible, and because the Holdi's logic method is a form of decision support where the main tool is functional with the main input criteria determined by the user/tourist. This system will be implemented using web programming and MySQL database, where the variables to be considered are Type of Tour, Number of Facilities, Price of Tour Tickets, Number of Tourist Visitors, Travel Distance from City Center. The result of the research that has been done is a web-based decision support system for selecting tourist objects in Tegal using the Fuzzy Tahani method which is able to recommend tourist objects in Tegal according to the criteria of users/tourists based on the firestrength of the selected variables. The results of this study are a decision support system for selecting tourist objects in Tegal using Fuzzy Tahani which can recommend tourist attractions in Tegal which are determined by tourists depending on tourist criteria based on the firestrength of the selected variables.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Tahani, Wisata, Objek Wisata di Tegal/ Decision Support System, Fuzzy Tahani, Tourism, Attractions in Tegal

  1. S1-2022-414612-abstract.pdf  
  2. S1-2022-414612-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-414612-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-414612-title.pdf