Laporkan Masalah

PENGARUH GAMBAR PADA VIDEO PENYULUHAN KEBERSIHAN MULUT DENGAN KOMUNIKASI TOTAL TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN MOTIVASI ANAK TUNARUNGU USIA 9-12 TAHUN

SUSI MEIANDARI, Dr. drg. Sri Widiati, MPH; Dr. drg. Indah Titien Soeprihati, SU., Sp.KGA(K)

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU KEDOKTERAN GIGI

Latar Belakang: Data World Health Organization menunjukkan terdapat 5,3% atau 360 juta jiwa penduduk dunia mengalami kecacatan pendengaran, 9% (32 juta jiwa) diantaranya merupakan anak-anak. Keterbatasan pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan kurangnya informasi yang didapatkan, termasuk mengenai kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar pada video penyuluhan tentang kebersihan mulut terhadap pengetahuan, sikap dan motivasi dalam menjaga kebersihan mulut pada anak tunarungu usia 9-12 tahun. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi experiment dengan desain two group pretest and postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 29 siswa kelompok intervensi dan 28 siswa kelompok kontrol, data kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney U-Test dan Independent T-Test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel pengetahuan dan sikap terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (p-value 0,001 dan 0,002). Variabel motivasi tidak terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (p-value 0,201). Kesimpulan: Pemberian gambar pada video penyuluhan kebersihan mulut dengan komunikasi total meningkatkan pengetahuan dan sikap pemeliharaan kebersihan mulut anak tunarungu usia 9-12 tahun. Pemberian gambar pada video penyuluhan kebersihan mulut dengan komunikasi total tidak dapat meningkatkan motivasi dalam menjaga kebersihan mulut anak tunarungu usia 9-12 tahun. Kata Kunci: Gambar, Kebersihan Mulut, Komunikasi Total, Motivasi Pengetahuan, Sikap, Tunarungu.

Background: World Health Organization data shows that 5.3% or 360 million people in the world have hearing disabilities, 9% (32 million) of whom are children. Hearing limitations in deaf children result in a lack of information, including dental and oral health. This study aims to determine the effect of images on counseling videos about oral hygiene on knowledge, attitudes and motivation in maintaining oral hygiene in deaf children aged 9-12 years. Research Methods: This type of research is a quantitative quasi-experimental with a two group pretest and posttest design. The sampling technique using purposive sampling was obtained by 29 students in the intervention group and 28 students in the control group, the data was then analyzed using the Wilcoxon Signed Rank Test, Mann Whitney U-Test and Independent T-Test. Research Results: The results showed that there were significant differences in the knowledge and attitude variables before and after being given treatment (p-values 0.001 and 0.002). There was no significant difference in the motivation variable before and after being given treatment (p-value 0.201). Conclusion: Counseling with video media with pictures can improve knowledge and attitudes of maintaining oral hygiene in deaf children. Counseling with video media accompanied by pictures does not increase motivation in maintaining oral hygiene in deaf children. Keywords: Picture, Oral Hygiene, Total Communication, Motivation, Knowledge, Attitude, Deaf Children

Kata Kunci : Gambar, Kebersihan Mulut, Komunikasi Total, Motivasi Pengetahuan, Sikap, Tunarungu.

  1. S2-2021-433668-abstract.pdf  
  2. S2-2021-433668-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-433668-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-433668-title.pdf