Laporkan Masalah

Technology Acceptance Model (TAM): Senior High School Student Perception on 'Rumah Belajar' Digital Education Platform in Sleman Regency

I NYOMAN ANOM G. Y., Dr. Phil. Ely Susanto, S.I.P., MBA

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Sekolah Menegah Atas di Kabupaten Sleman terhadap penggunaan platform pendidikan digital Rumah Belajar selama masa pembelajaran jarak jauh pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran dengan teknik analisis deskriptif, kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA di Kabupaten Sleman memiliki persepsi yang baik terhadap platform pendidikan digital Rumah Belajar dalam hal kegunaan yang dirasakan oleh siswa saat menggunakan platform Rumah Belajar dan kemudahan penggunaan dalam mendukung metode pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik dalam hal niat untuk penggunaannya. Ini berarti di masa mendatang siswa kemungkinan besar akan kembali menggunakan platform pendidikan digital Rumah Belajar untuk mendukung pembelajaran jarak jauh jika diperlukan.

This study aims to determine the perception of high school student in Sleman Regency towards the use of Rumah Belajar digital education platform during the distance learning period of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) using the Technology Acceptance Model (TAM) theory. This study uses mix method research with descriptive analysis technique, questionnaire and interview is used to gather the necessary data for this study. The result show that senior high school student in Sleman Regency has good perception towards Rumah Belajar digital education platform in terms of usefulness that students feel when using the platform and ease of use in using the platform to support the distance learning method. The result also show that students have a good perception in terms of intention to use, meaning that in the future students will be most likely to use Rumah Belajar digital education platform to support distance learning if necessary.

Kata Kunci : Rumah Belajar, distance learning, TAM, education, high school student

  1. S1-2021-415929-abstract.pdf  
  2. S1-2021-415929-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-415929-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-415929-title.pdf