Laporkan Masalah

DIGITAL TRANSFORMATION IN SMES BUSINESS

WASKITO VERGINO, Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

COVID-19 telah berdampak besar pada kesehatan masyarakat serta kesehatan keuangan bisnis di seluruh dunia. Usaha kecil dan menengah (UKM) lebih rentan daripada perusahaan besar. Kondisi mereka semakin dipersulit oleh faktor-faktor seperti kurangnya modal finansial dan keahlian yang canggih (pengakuan teknologi). Untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang transformasi digital untuk UKM di bawah krisis COVID-19 dan bagaimana bertransformasi menjadi digital untuk UKM, kami merujuk ke 17 publikasi yang berbicara tentang platform pasar, inovasi model bisnis, orientasi digital, model transformasi digital, dll. transformasi digital perusahaan dari sektor UKM (Cyplik et al., 2020). Publikasi ini memberi kita 2 perspektif utama untuk mempertimbangkan masalah kita, satu adalah perspektif internal dan lainnya adalah perspektif eksternal. Melalui penelitian kami, kami berharap dapat menemukan solusi bagi UKM untuk bertransformasi ke digital dan meningkatkan pelanggan dengan menggunakan platform marketplace, dan yang paling penting, untuk bertahan dalam situasi Covid.

The COVID-19 has had a major impact on people's health as well as the financial health of businesses all over the world. Small and medium-sized businesses (SMEs) are more vulnerable than larger corporations. Their condition is made even more difficult by factors such as a lack of financial capital and advanced expertise (acknowledgement of technology). To explore the challenges and opportunities of digital transformations for SMEs under COVID-19 crisis and how to transform into digital for SMEs, we referred to 17 publications which talk about marketplace platforms, business model innovation, digital orientation, digital transformation model, etc. Model of digital transformation of enterprises from the SME sector (Cyplik et al., 2020) These publications provide us 2 main perspectives to consider our problem, one is an internal perspective and another is an external perspective. By our research, we hope that we can find solutions for SMEs to transform to digital and scale up the customer by using marketplace platforms, and the most important, to survive under Covid situation.

Kata Kunci : digital transformation; SME sector; COVID-19

  1. S2-2021-447662-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447662-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447662-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447662-title.pdf