Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR NORMA SUBJEKTIF, SIKAP, KONTROL PERILAKU DAN KESADARAN KESEHATAN TERHADAP NIAT BELI MAKANAN ORGANIK DI YOGYAKARTA

REZA PAHLEVI AZHARI, Dr. B.M. Purwanto, M.B.A.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari faktor norma subjektif, sikap, kontrol perilaku dan kesadaran kesehatan terhadap niat beli makanan organik. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei digunakan untuk melakukan penelitian pada studi ini. Pada penelitian ini konsumen yang mengetahui makanan organik dan berdomisili di Yogyakarta yang menjadi responden. Sebanyak 105 orang akan menjadi sampel pada penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kuesioner yang sudah melewati uji validitas dan realibilitas digunakan untuk mengumpulkan data dari responden. Teknik analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisa data yang sudah didapatkan dari responden. Hipotesis pada studi ini faktor norma subjektif, sikap, kontrol perilaku dan kesadaran kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli makanan organik. Melalui teknik analisis regresi berganda ditemukan bahwa norma subjektif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat beli makanan organik, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli makanan organik, kontrol perilaku berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat beli makanan organik, kesadaran kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli makanan organik. Maka berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hipotesis yang ditolak dan dua hipotesis diterima.

The purpose of this study was to examine the effect of subjective norms, attitudes, behavioral control and health awareness on the intention to buy organic food. A quantitative approach with survey methods is used to conduct research in this study. In this study, consumers who know about organic food and live in Yogyakarta are the respondents. A total of 105 people will be sampled in this study using purposive sampling technique. Questionnaires that have passed the validity and reliability tests are used to collect data from respondents. Multiple regression analysis technique is used to analyze the data that has been obtained from the respondents. The hypothesis in this study is that subjective norms, attitudes, behavioral control and health awareness have a positive and significant effect on the intention to buy organic food. Through multiple regression analysis, it was found that subjective norms had a positive but not significant effect on the intention to buy organic food, attitudes had a positive and significant effect on the intention to buy organic food, and behavioral control had a positive but not significant effect on the intention to buy organic food. intention to buy organic food, health awareness has a positive and significant effect. on the intention to buy organic food. So based on the results of the research above, it can be concluded that there are two rejected hypotheses and two accepted hypotheses.

Kata Kunci : norma subjektif, sikap, kontrol perilaku, kesadaran kesehatan, niat beli

  1. S1-2021-382095-abstract.pdf  
  2. S1-2021-382095-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-382095-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-382095-title.pdf