Laporkan Masalah

Strategi Promosi Destinasi Wisata Secara Kolaborasi Berbasis Content Creation di Kawasan Banggai Sulawesi Tengah Indonesia

RULLY ANGGI AKBAR, Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc; Hendrie Adji Kusworo, M.Sc. Ph.D.; Prof. Dr. Ir. Chafid Fandeli, MS.

2021 | Disertasi | DOKTOR KAJIAN PARIWISATA

Kawasan Banggai (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut) satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan yang memiliki potensi wisata dan mampu bersaing dengan destinasi lain di Indonesia. Dalam tahap pengembangannya, kawasan ini membutuhkan suatu strategi promosi yang tepat agar dapat mempresentasikan potensi yang dimiliki dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengidentifikasi sejauh mana peran Pemerintah Dinas Pariwisata Kawasan Banggai dalam melakukan promosi destinasi wisata (ii) menganalisis faktor penyebab promosi yang dilakukan belum maksimal (iii) mengidentifikasi strategi promosi destinasi wisata yang telah dan akan diterapkan Dinas Pariwisata Kawasan Banggai (iv) merumuskan strategi promosi destinasi wisata untuk Kawasan Banggai. Metode penelitian dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada pihak-pihak terkait. Data yang terkumpul kemudian dikelompokan menjadi 2 bagian, yaitu Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) kemudian digunakan dalam Analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemerintah Dinas Pariwisata telah melakukan perannya dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kawasan Banggai, tetapi belum terlaksana dengan maksimal. Dinas Pariwisata dan pihak manajemen di Kawasan Banggai memiliki beberapa permasalahan seperti keterbatasan sumber daya manusia yang kurang memadai di bidang pariwisata, promosi yang dilakukan belum berkelanjutan, dan sebagian masyarakat yang belum sadar akan pentingnya peran pariwisata disekitarnya. Berdasarkan analisis SWOT yang telah dilakukan, ditemukan bahwa strategi promosi destinasi wisata di Kawasan Banggai yang dianggap lebih efektif dan efisien adalah strategi promosi destinasi wisata secara kolaboratif melalui pemanfaatan digital dengan menyajikan konten-konten yang lebih menarik (content creation) dengan menggunakan media sosial sebagai platform untuk menampung segala konten dan informasi mengenai destinasi wisata di kawasan Banggai dengan bantuan tenaga ahli dibidangnya yaitu content creator.

The Banggai area (Banggai, Banggai Islands and Banggai Laut) is an inseparable unit that has tourism potential and is able to compete with other destinations in Indonesia. In its development stage, this area requires an appropriate promotional strategy in order to present its potential well. This study aims to (i) identify the extent of the role of the Government of the Banggai Region Tourism Office in promoting tourist destinations (ii) analyse the factors causing the promotion that has not been carried out optimally (iii) identify tourism destination promotion strategies that have been and will be implemented by the Banggai Regional Tourism Office ( iv) formulating a tourism destination promotion strategy for the Banggai Region. The research method in this study is descriptive qualitative, with data collection methods through interviews, observations and documentation to related parties. The collected data is then grouped into two parts, namely Internal Factor Evaluation (IFE) and External Factor Evaluation (EFE) then it used in the SWOT analysis. The results of the analysis show that the Government of the Tourism Office has performed its role in developing tourist destinations in the Banggai Region, but has not been implemented optimally. The Tourism Office and management in the Banggai Region have several problems such as limited human resources that are inadequate in the field of tourism, promotions that are carried out are not sustainable, and some people around are not aware of the importance of the role of tourism in the vicinity. Based on the SWOT analysis that has been carried out, it was found that the promotion strategy of tourist destinations in the Banggai Region which is considered more effective and efficient is a collaborative tourism promotion strategy through digital use by presenting more interesting (content creation) using social media as a platform. It accommodate all contents and information about tourist destinations in the Banggai area. it is created by experts in their fields, namely content creators.

Kata Kunci : promosi, kolaboratif, media sosial, content creation, content creator.

  1. S3-2021-435549-abstract.pdf  
  2. S3-2021-435549-bibliography.pdf  
  3. S3-2021-435549-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2021-435549-title.pdf