Laporkan Masalah

ANALISIS HUBUNGAN KETERKAITAN ANTAR RISIKO DALAM PENCAPAIAN TARGET PRODUKSI PADA PT PRIMISSIMA (PERSERO)

VANADHIA AMANITA, Luluk Lusiantoro, S.E., M.Sc., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan keterkaitan antara risiko yang menyebabkan tidak tercapainya target produksi pada PT Primissima dan mengidentifikasi mitigasi pada risiko tersebut. Dengan memahami hubungan keterkaitan antar suatu risiko dengan risiko lainnya maka akan secara signifikan dapat mengurangi risiko tersebut. Dalam menentukan identifikasi risiko, penelitian ini berfokus pada proses manajemen dalam rantai pasok yaitu proses plan, source, dan make. Penelitian ini menggunakan metode ISM dan risk ranking. Penelitian ini menghasilkan risiko utama yang mempengaruhi kemunculan risiko lainnya secara signifikan, hubungan keterkaitan antar risiko, probabilitas dan dampak dari setiap risiko. Selanjutnya, menentukan risiko prioritas yang nantinya akan difokuskan untuk identifikasi mitigasi risiko tersebut. Dihasilkan beberapa risiko utama yang memiliki kekuatan penggerak yang kuat dan terletak pada level bawah hierarki ISM yang mempengaruhi kemunculan risiko lainnya yang terletak pada level atas hierarki ISM. Perubahan permintaan, ketersediaan pemasok, waktu kedatangan pasokan yang tidak tepat, dan kualitas bahan pasokan merupakan beberapa risiko utama yang paling mempengaruhi kemunculan risiko lainnya. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa mitigasi risiko berupa persediaan pengaman yang berfokus pada penundaan manufaktur, pemilihan pemasok dan pengalokasian pesanan.

This study aims to identify the risk interrelationships and risk mitigation to manage the production target at PT Primissima. Understanding the risk interrelationships will significantly reduce risk. For risk identification, this research focuses on supply chain management processes, namely the plan, source, and make. Interpretive Structural Modeling (ISM) and risk ranking are used in this research. The result shows the key risks that significantly influence the other risks, the risk interrelationship, and the probability and consequence of each risk. Next, the determination of priority risks to identify the risk mitigation. There are several key risks identified that have strong driving power and are located at the lower level of the ISM hierarchy which affect the other risks located at the top level of the ISM hierarchy. Demand uncertainty, supplier availability, inaccurate time of delivery, and quality are some of the key risks that significantly influence other risks. This research also identified several risk mitigations which are safety stock that focuses on postponement manufacturing, supplier selection and order allocation.

Kata Kunci : Rantai pasok, manajemen risiko, pencapaian target produksi, risiko utama, hubungan keterkaitan antar risiko, ISM, risk ranking.

  1. S2-2021-452581-abstract.pdf  
  2. S2-2021-452581-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-452581-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-452581-title.pdf