Motif dan Kepuasan Follower Akun Tiktok @explorejogjakarta dalam Mengakses Informasi Tentang Objek Wisata di Yogyakarta
DIAH RAHMAWATI, Lisa Lindawati S.IP. MA
2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motif terhadap kepuasan follower akun Tiktok @explorejogjakarta; untuk menganalisis kepuasan follower akun Tiktok @explorejogjakarta; dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh motif terhadap kepuasan follower akun Tiktok @explorejogjakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah follower akun Tiktok @explorejogjakarta. Sampel pada penelitian ini adalah 97 responden atau dibulatkan menjadi 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner. Setelah data terkumpul melalui survei menggunakan kuisioner online, kemudian data tersebut dikelompokkan dan dilakukan skoring indikator yang menjadi instrumen. Skoring dilakukan menggunakan teknik analisis data regresi dan independen Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan follower akun Tiktok @explorejogjakarta. Pada indikator interaksi sosial, mencari informasi, menghabiskan waktu, hiburan, relaksasi dan kegunaan komunikasi follower akun Tiktok @explorejogjakarta merasa puas. Sedangkan pada indikator kenyamanan, follower akun Tiktok @explorejogjakarta merasa tidak puas. Besarnya pengaruh motif terhadap kepuasan penggunaan akun Tiktok @explorejogjakarta adalah sebesar 58,8%.
This study aims to analyze the effect of motives on the satisfaction of followers of the Tiktok account @explorejogjakarta; to analyze the satisfaction of followers of the Tiktok account @explorejogjakarta; and to find out how much influence the motive has on the satisfaction of followers of the Tiktok account @explorejogjakarta. This research is quantitative research. The object of this research is the follower of the Tiktok account @explorejogjakarta. The sample in this study was 97 respondents or rounded up to 100 respondents. Data collection techniques in this study using a questionnaire. After the data is collected through a survey using an online questionnaire, then the data is grouped and the indicators that become the instrument are scored. Scoring is done using regression data analysis and Independent Sample t-test. The results showed that the motive had a significant effect on the satisfaction of followers of the Tiktok @explorejogjakarta account. On the indicators of social interaction, seeking information, spending time, entertaunment, relaxation, ant the use of communication followers of Tiktok @explorejogjakata account are satiesfied. On the comfort indicator, followers of Tiktok @explorejogjakarta were not satisfied. The magnitude of the influence of motives on the satisfaction of using Tikok @explorejogjakarta account is 58,8%.
Kata Kunci : Motif, Kepuasan, Follower, Tiktok