Laporkan Masalah

Pengembangan Kemasan Dehydrated Strawberry untuk Pemasaran Online Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

SENDANG MENTARI, Mohammad Affan Fajar Falah, S.T.P., M.Agr., Ph.D.; Dr. Ir. Makhmudun Ainuri, M.Si.

2021 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Stroberi merupakan salah satu komoditas buah yang sangat mudah rusak, sehingga memerlukan penanganan pascapanen seperti dehydrated fruit untuk memperpanjang umur simpan dan menghasilkan produk baru bernilai ekonomi. Dalam pembelian produk secara online, konsumen cenderung menilai produk berdasarkan kemasan yang disajikan. Untuk menjaga kualitas produk dehydrated strawberry sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen, maka perlu dilakukan pengembangan kemasan terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan atribut kebutuhan konsumen, kebutuhan teknis, dan menghasilkan konsep kemasan produk pemasaran online dehydrated strawberry yang dapat menjaga kualitas produk serta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Metode pengembangan kemasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD) tahapan product planning untuk identifikasi kebutuhan konsumen dan spesifikasi kemasan, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan konsep menurut fase pengembangan produk. Kebutuhan konsumen dehydrated strawberry diperoleh berdasarkan preferensi konsumen melalui kuesioner, kemudian diterjemahkan kedalam kebutuhan teknis melalui diskusi dengan penjual dehydrated strawberry pada situs e-commerce. Konsep kemasan pengembangan produk yang telah disusun kemudian direalisasikan menjadi prototipe analitik berupa model 3D pada konsep yang terpilih. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh 5 atribut kebutuhan konsumen tertinggi secara urut yaitu informasi produk pada kemasan mudah dibaca dan dipahami, informasi terkait produk tercantum lengkap pada kemasan terluar produk, kemasan memberikan kesan produk yang segar dan berkualitas, kemasan dapat melindungi produk, dan kemasan terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak. Kebutuhan teknis yang diperoleh sebanyak 5 tertinggi secara urut yaitu penambahan kemasan sekunder; penyesuaian bentuk kemasan dan berat bersih produk; penerapan tema desain simple, clean, and minimalist; label kemasan berdasarkan Peraturan BPOM RI No. 31 Tahun 2018; dan kemasan primer kedap udara dan tahan air. Konsep kemasan yang terpilih dari beberapa alternatif yang tersedia adalah Konsep 3, dengan pembeda pada bahan kemasan sekunder yang digunakan yaitu Aluminium Foil. Keunggulan dari konsep ini terutama dalam pengemasan produk dehydrated strawberry untuk pemasaran online adalah bahan Aluminium Foil memiliki karakteristik tidak tembus cahaya dan tidak mudah mengalami kerusakan seperti robek atau kusut.

Strawberries are one of perishable commodity, so they require special post-harvest handling such as dehydrated fruit to extend shelf life and produce new products with economic value. In purchasing online products, consumers tend to judge products based on the presented packaging. To maintain the quality of dehydrated strawberry products while meeting consumer needs, it is necessary to develop the product’s packaging. The purpose of this research is to determine the attributes of customer needs, technical needs, and produce a packaging concept for online marketing of dehydrated strawberry products that can maintain product quality and according to consumer needs. The packaging development method used in this research is Quality Function Deployment (QFD) at the product planning stage to identify customer needs and packaging specifications, then proceed with concept generation according to the product development phase. Customer needs for dehydrated strawberries are obtained based on customer preferences through questionnaires, then translated into technical needs through discussions with sellers of dehydrated strawberries on e-commerce sites. The product development packaging concept that has been compiled, then realized into an analytical prototype in the form of a 3D model on the selected concept. The results of the research that have been carried out are 5 attributes of the highest customer needs in order, namely product information on the packaging is easy to read and understand, product information is completely listed on the outer packaging of the product, packaging gives the impression of a fresh and quality product, packaging can protect the product, and packaging made of non-perishable material. The technical needs obtained were the highest 5 in order, namely the addition of secondary packaging; adjustment of packaging form and product net weight; application of simple, clean, and minimalist design themes; packaging labels based on BPOM RI Regulations No. 31 2018; and airtight and waterproof primary packaging. The chosen packaging concept from several available alternatives is Concept 3, with the difference in the secondary packaging material used, namely Aluminum Foil. The main advantage of this concept especially for online dehydrated strawberry product is that the Aluminum Foil material has the characteristics of being opaque and not easily damaged such as tearing or creasing.

Kata Kunci : dehydrated strawberry, kemasan online, quality function deployment

  1. S1-2021-415272-abstract.pdf  
  2. S1-2021-415272-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-415272-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-415272-title.pdf