Laporkan Masalah

PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TAHUN PERTAMA TERHADAP KEGIATAN REFLECTIVE JOURNALING

DWI AGUSTINA, Kurnia Putri Yuliandari, S.Kep., Ns., M.Sc.; Martina Sinta Kristanti, S.Kep., Ns., M.N., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Refleksi dapat digunakan oleh mahasiswa untuk membantu beradaptasi terhadap lingkungan, sistem pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang baru. Penelitian tentang reflective journaling pernah dilakukan di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada (PSIK UGM) pada tahun 2019 sehingga perlu dilakukan evaluasi. Salah satu cara mengevaluasi suatu pelatihan atau program pendidikan yaitu dengan mengetahui reaksi atau persepsi mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui persepsi mahasiswa keperawatan tahun pertama terhadap kegiatan reflective journaling dan perbedaan persepsi mahasiswa berdasarkan karateristiknya. Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dengan teknik total sampling bersifat purposive sampling pada bulan Januari-Maret 2021. Pengambilan data menggunakan Self-reported Reflective Learning Questionnaire yang dikonversikan ke dalam Jotform. Responden penelitian ini berjumlah 66 responden. Analisis data univariat untuk melihat gambaran persepsi mahasiswa. Analisis bivariat untuk melihat perbedaan persepsi mahasiswa berdasarkan karakteristik mahasiswa. Hasil: Secara umum, nilai rata-rata pada domain 1 diatas 4, dimana nilai tertinggi adalah 5. Sebanyak 48 mahasiswa berpendapat bahwa kegiatan reflective journaling membantu mahasiswa menghasilkan pengetahuan dan kemampuan yang lebih kompleks dan kaya, berperan dalam mengidentifikasi hal yang dapat ditingkatkan serta membantu menemukan strategi yang baru dan kreatif untuk mengatasi kekurangan dan kesulitan yang dimiliki mahasiswa. Namun, 25 mahasiswa merasakan bahwa tingkat kemampuan yang dibutuhkan, seperti kemampuan menulis terlalu tinggi dan 24 mahasiswa merasakan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menerapkan metodologi ini. Sebagian besar mahasiswa berencana menerapkan kegiatan reflective journaling kedalam kehidupan sehari-hari mereka. Berdasarkan hasil uji statistik, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi mahasiswa berdasarkan karakteristik mahasiswa (p>0,05). Kesimpulan: Mahasiswa tahun pertama PSIK UGM mempersepsikan kegiatan reflective journaling secara positif. Tidak terdapat perbedaan antara persepsi mahasiswa berdasarkan karakteristik mahasiswa.

Background: Reflection can be used by students to help adapt to new environments, learning systems and learning approaches. The study about reflective journaling was done in Nursing Program of Gadjah Mada University (PSIK UGM) in 2019 and it was necessary to evaluate. One way to evaluate a training or an educational program is to know a student's reaction or perception. Research Objectives: To know the perception of first-year nursing student towards reflective journaling activities and the differences of student perception based on their characteristics. Method: A Quantitative descriptive research with cross-sectional approach with total sampling technique and purposive sampling in January-March 2021. Data retrieval using Self-reported Reflective Learning Questionnaire that convert into Jotform. The respondents who participated in this study were 66 respondents. Univariate data analysis to see the description student perception. Bivariate analysis to see the differences of student perception based on student characteristics. Result: In general, the average score on the domain 1 is above 4, with the highest score is 5. A total of 48 students argue that reflective journaling can help students in more complex and rich knowledge and abilities, also play a role in identifying what can be improved and help find new and creative strategies to overcome the shortcomings and difficulties that students have. However, 25 students felt that the level of ability required, such as writing skills in reflective journaling was too high and 24 students felt that they did not have enough ability to apply this methodology. Most students plan to apply reflective journaling activities into their daily lives. Based on the statistical test, there is no significant difference between student perception based on student characteristics (p>0,05). Conclusion: First year student of PSIK UGM perceive reflective journaling activities positively. There is no difference between student perception based on student characteristics.

Kata Kunci : Kata kunci: persepsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, reflective journaling

  1. S1-2021-409098-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409098-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409098-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409098-title.pdf