Laporkan Masalah

PERANCANGAN PROGRESSIVE DIES BRACKET SEAT TRACK UPPER 1 CAVITY DI PT AISIN INDONESIA

AGUNG PRASETYO, Dr. Benidiktus Tulung Prayoga, S.T., M.T.

2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESIN

Perancangan press dies merupakan proses yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk yang sesuai standar dan dapat memproses suatu pengerjaan dengan baik. Perancangan press dies memerlukan parameter dan standar dalam perencanaannya agar meningkatkan keamanan press dies. Untuk mengoptimalkan hasil produksi, dilakukan perancangan progressive dies bracket seat track upper 1 cavity di PT Aisin Indonesia. Produk bracket seat track upper menggunakan material SPFC980Y berupa lembaran logam dengan ketebalan 1,2 mm. Terdapat proses pemotongan dan pembentukan dengan bantuan punch dan die yang saling berhubungan. Proses pemotongan dilakukan sebanyak enam kali proses dan proses pembentukan sebanyak dua kali proses yang terjadi pada layout. Proses perancangan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak AutoCAD untuk menghasilkan bentuk 2D dan SolidWorks untuk menghasilkan bentuk 3D. Setelah dilakukan perancangan progressive dies bracket seat track upper 1 cavity dapat disimpulkan bahwa mesin press yang digunakan adalah AIDA PR 3A berkapasitas 200 ton dengan gaya total dies sebesar 93,710529 ton. Berdasarkan perhitungan gaya pegas stripper sebesar 5,679426 ton didapatkan jumlah spring sebanyak 20 item dengan menggunakan tipe SWH 35-125 untuk menahan gaya pegas stripper dan mendorong komponen dies lainnya. Clearance pada punch dan die yang digunakan sebesar 0,12 mm pada setiap sisinya dengan penetrasi punch sebesar 4 mm untuk proses pemotongan dan 5 mm untuk proses pembentukan.

Design press dies is a process that is done to produce a product that is up to standard and can process workmanship well. The design of press dies requires parameters and standards in its planning to ensure the security of press dies. To optimize the production, progressive dies bracket track upper 1 cavity design was carried out at PT Aisin Indonesia. The bracket seat track upper product uses SPFC980Y material in the form of sheet metal with a thickness of 1.2 mm. There is a process of cutting and forming with the help of an interconnected punch and die. The cutting process is done in six processes and the process of forming as many as two processes on the layout. The design process is done by using AutoCAD software to instigate 2D and SolidWorks forms to produce 3D shapes. After designing progressive dies bracket seat track upper 1 cavity it can be concluded that the press machine used is AIDA PR 3A with a capacity of 200 tons with a total force dies of 93.710529 tons. Based on the calculation of stripper spring force of 5.679426 tons obtained the number of spring as much as 20 items by using type SWH 35-125 to withstand the force of the spring stripper and push other dies components. The clearance on the punch and die used is 0.12 mm on each side with a punch penetration of 4 mm for the cutting process and 5 mm for the forming process.

Kata Kunci : press dies, cutting process, forming process

  1. D3-2021-431878-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431878-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431878-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431878-title.pdf