Laporkan Masalah

PENGARUH FESTIVAL BELANJA DARING TERHADAP NIAT PARTISIPASI PENGGUNA PAPAN PASAR DARING SHOPEE

FATIMAH AQILA, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari promosi produk (promosi harga, aktivitas promosi, kekayaan kategori) dan promosi atmosfer (partisipasi massa) saat festival belanja daring memengaruhi niat partisipasi konsumen. Dan juga untuk mengetahui peran moderasi partisipasi massa pada variabel promosi produk Objek dari penelitian ini adalah papan pasar daring terbesar di Indonesia yaitu Shopee. Responden dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang berdomisili di Pulau Jawa dan pernah mengikuti festival belanja daring minimal satu kali di Shopee. Penulis berhasil mengumpulkan 565 responden yang telah sesuai dengan kriteria. Responden tersebar di seluruh Pulau Jawa. Penelitian ini akan menggunakan metode non-probability sampling dan juga purposive sampling untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini terdapat dua metode regresi yaitu regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Penelitian ini menemukan bahwa promosi harga, aktivitas promosi, kekayaan kategori, dan partisipasi massa memiliki pengaruh positif pada niat partisipasi. Untuk peran moderasi partisipasi massa dengan variabel promosi harga, aktivitas promosi dan kekayaan kategori tidak terkonfirmasi

The study aims to analyse the effect of product promotion (price promotion, promotion activities, categorie richness) and atmosphere promotion (mass participation) on consumer participation intention during online shopping festival. And to know mass participation moderating effect impacted product promotion. The study object of this study is the biggest online shopping platform Indonesia, which is Shopee. The respondents to this study are Indonesian citizens domicile in Java Island dan have been participating on online shopping festival at least once in Shopee. The authors successfully collected 565 respondents who fulfilled the criteria. The respondents were dispersed throughout the Java Island. This research will use non-probability sampling as well as purposive sampling to collect data. There are two methods of regression that will be use in the study: simple linear regression and multiple linear regression The study found that price promotion, promotion activities, category richness have positive effect on participation intention. For mass participation moderating affect it was not confirmed that it is impacted price promotion, promotion activities, and richness category

Kata Kunci : Kata kunci: Festival belanja daring, strategi promosi, strategi atmosfer, teori stimulus-respon, niat partisipasi