Laporkan Masalah

Pengurusan Surat dengan SIKD pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar

VINA CHAYANUN SOFI, Faizatush Sholikhah, S.Sos., M.A

2021 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Penulisan Tugas Akhir yang berjudul �Pengurusan Surat dengan SIKD pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar� merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengurusan surat dengan SIKD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi-partisipan melalui wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi yang diperlukan, survey yang bertujuan untuk mengetahui secara langsung keadaan dan kondisi dinas yang berkaitan dengan bahan penelitian serta studi pustaka untuk memperkuat landasan teori yang sesuai dengan tema dan materi dalam tugas akhir. Penelitian ini membahas tentang Sistem Informasi Kearsipan Daerah yang digunakan dalam pengurusan surat masuk dan surat keluar dinas. Pengurusan surat menggunakan sistem berdampak pada proses penyimpanan, temu balik surat, serta pemeliharaan surat. Menu yang disediakan dalam sistem pengurusan surat yaitu kotak surat masuk, daftar surat masuk, daftar surat keluar, pemesanan nomor surat, serta kode masalah. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam menjalankan sistem adalah perangkat komputer, scanner, printer, kertas HVS, dan jaringan internet.

The writing of the Final Project entitled "Mail Management with SIKD at the Blitar District Library ang Archives Service " is the result of research that aims to determine the management of letters with SIKD. The data collection method used is participant-observation through interviews that aim to obtain the necessary data or information, surveys that aim to find out firsthand the state and condition of the service related to research materials and literature studies to strengthen the theoretical basis in accordance with the theme and material. in the final project. This study discusses the Regional Archives Information System used in managing incoming and outgoing official letters. Mail management using the system has an impact on the storage process, letter retrieval, and mail maintenance. The menus provided in the mail management system are incoming mailboxes, incoming mail lists, outgoing mail lists, ordering mail numbers, and problem codes. The facilities and infrastructure used in running the system are computers, scanners, printers, HVS paper, and internet networks.

Kata Kunci : Surat, Pengurusan Surat, Sistem Informasi Kearsipan.

  1. D3-2021-425912-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425912-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425912-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425912-title.pdf