Laporkan Masalah

LAPORAN TUGAS AKHIR PENGARUH PENAMBAHAN STASIUN PENGISIAN KENDARAAN LISTRIK UMUM (SPKLU) TERHADAP PROFIL TEGANGAN DAN RUGI-RUGI DAYA PADA PENYULANG DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK KENTUNGAN 09

VINNA NOVITASARI, JIMMY TRIO PUTRA,S.T.M.Eng.

2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNOLOGI LISTRIK

Dalam perkembangan teknologi yang semakin berkembang dengan hadirnya berbagai kendaraan listrik yang ada di Indonesia. Oleh karena itu dilakukan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Pembangunan SPKLU ini nantinya akan di integrasikan pada sistem distribusi. Pada perancaangan ini menggunakan software ETAP (Electrical Transient Analisis Pragram) yang merupakan salah satu software untuk mempermudah dan mempercepat proses perhitungan aliran daya. Menggunakan software ETAP untuk mendapatkan nilai-nilai sistem kelistrikan seperti profil tegangan, rugi-rugi daya, daya aktif, daya reaktif, daya semu dan nilai pf. Pemasangan SPKLU pada sistem distribusi Kentungan 09 untuk dilakukan perbandingan hasil nilai sistem kelistrikan seperti profil tegangan, rugi-rugi daya, daya aktif, daya reaktif, daya semu dan nilai pf sebelum dan sesudah pemasangan SPKLU. Pada kondisi sebelum pemasangan SPKLU rugi-rugi daya aktif pada sistem distribusi kentungan 09 adalah 84kw dan rugi-rugi daya reaktif sebesar 300kvar,setelah pemasangan SPKLU rugi-rugi daya aktif 334kw dan rugi-rugi daya reaktif 1627kvar.Pengaruh penambahan SPKLU terhadap nilai profil tegangan sebelum dan sesudah pemasangan SPKLU perbedaan yang terjadi tidak terlalu signifikan.Pada sistem distribusi yang belum ditambahkan SPKLU terbesar pada bus5 1.050(p.u) dan nilai profil tegangan terkecil pada bus 841 dengan nilai profil tegangan sebesar 0.989(p.u).Sedangkan untuk nilai profil tegangan terbesar pada bus5 1.050(p.u) dan untuk nilai p.u terkecil pada bus841 dengan nilai p.u 0.971.(p.u).Penambahan SPKLU pada sistem jaringan distribusi kentungan 09 untuk nilai profil tegangannya masih sesuai dalam standart SPLN yaitu 0.90-1.1.

In the development of technology that is growing with the presence of various electric vehicles in Indonesia. Therefore, the construction of a Public Electric Vehicle Charging Station (SPKLU) was carried out. The construction of this SPKLU will later be integrated into the distribution system. In this design using ETAP software (Electrical Transient Analysis Pragram) which is one of the software to simplify and speed up the process of calculating the power flow. Using ETAP software to obtain electrical system values such as voltage profile, power losses, active power, reactive power, apparent power and pf value. Installation of SPKLU on the Kentungan 09 distribution system to compare the results of the electrical system values such as voltage profiles, power losses, active power, reactive power, apparent power and pf values before and after SPKLU installation. In the condition before the SPKLU installation, the active power losses in the Kentungan 09 distribution system were 84kw and the reactive power losses were 300kvar, after the SPKLU installation the active power losses were 334kw and reactive power losses were 1627kvar. The effect of adding SPKLU to the voltage profile value before and after the installation of SPKLU the differences that occur are not too significant. In the distribution system that has not been added the largest SPKLU is on bus5 1.050(pu) and the smallest voltage profile value is on bus 841 with a voltage profile value of 0.989(pu). As for the largest voltage profile value on bus5 1.050(pu) and for the smallest pu value on bus841 with a pu value of 0.971.(pu). The addition of SPKLU to the kentungan distribution network system 09 for the voltage profile value is still in accordance with the SPLN standard, namely 0.90-1.1.

Kata Kunci : Kata Kunci: SPKLU,ETAP,profil tegangan dan rugi daya.

  1. D3-2021-431964-title.pdf