Laporkan Masalah

PENGARUH KEPERCAYAAN, MANFAAT, DAN RISIKO PADA PERILAKU ADOPSI TEKNOLOGI INTERNET SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH PELAKU UMKM

ARKA ABHIMANTRA, B.M Purwanto, Dr., M.B.A.,

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Internet telah berkembang secara global dan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan, tidak terkecuali pada kehidupan masyakarat Indonesia. Di Indonesia, pertumbuhan jumlah pengguna internet berkembang dengan pesat yang mengindikasikan bahwa masyarakat Indonesia kini tidak asing lagi dengan hal-hal yang berhubungan dengan internet (Khoirunurrofik, 2020). Berbagai hal yang ada pada internet yang dapat digunakan oleh masyarakat saat ini pun dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjalankan operasi bisnisnya, termasuk pelaku UMKM yang pada tahun 2020 menerima dampak negatif dari pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, manfaat dan risiko pada perilaku adopsi teknologi internet selama masa pandemi Covid-19 pada pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner yang terkumpul dalam penelitian ini sebanyak 160 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan pada manfaat. Kemudian, variabel manfaat juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan pada perilaku adopsi teknologi internet. Sedangkan kepercayaan tidak berpengaruh pada risiko dan risiko tidak berpengaruh pada perilaku adopsi teknologi internet. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi penyedia jasa teknologi internet untuk terus berusaha meningkatkan kepercayaan para pelaku UMKM terkait dengan manfaat penggunaan teknologi internet guna meningkatkan perliaku adopsi teknologi internet pada UMKM, khususnya di masa pendemi Covid-19.

The internet has grown rapidly and has influenced many things in life, including the life of the Indonesian people. Internet users has grown rapidly in Indonesia, which indicates that the Indonesian people are now familiar with things related to the internet (Khoirunurrofik, 2020). Various things that exist on the internet that can be used by the community today can also be used by business people to carry out their business operations, including SMEs who in 2020 received a negative impact from the Covid-19 pandemic. This study aims to examine the effect of trust, benefits, and risks on internet technology adoption behavior during the Covid-19 pandemic on SMEs. This study used a quantitative research design using primary data. The data collection technique used questionnaires which distributed by using social media. The questionnaires collected in this study were 160 respondents. The sampling method used is purposive sampling. Data were analyzed using simple regression analysis and multiple regression. The results showed that trust had a positive and significant effect on benefits. Then, the benefit variable also shows a positive and significant influence on the behavior of internet technology adoption. While trust has no effect on risk and risk has no effect on internet technology adoption behavior. This research provides important implications for internet technology service providers to continue to try to increase the confidence of SME actors regarding the benefits of using internet technology to improve internet technology adoption behavior in SMEs, especially during the Covid-19 pandemic.

Kata Kunci : Kepercayaan, Manfaat, Risiko, Perilaku Adopsi, Trust, Benefits, Risks, Adoption Behaviour

  1. S2-2021-447544-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447544-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447544-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447544-title.pdf