Laporkan Masalah

Strategi Human Resources Department Dalam Meningkatkan Kualitas Karyawan di Gadjah Mada University Club Hotel Yogyakarta

GIGIH ASMARA RISTU, Carlos Iban,S.S., M.Sc., C.H.E

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Tujuan dilakukannya penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui strategi Human Resources Departement (HRD) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan di Gadjah Mada University Club (UC) Hotel Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (Deskriptif Kualitatif). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara (interview) semi terstruktur, dan dokumentasi. Terdapat dua data yang digunakan penelitian, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diproleh oleh peneliti dengan melakukan observasi partisipan dan wawancara (interview) semi terstruktur secara mendalam (in-depth interviewing), sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan studi pustaka yang dielaborasikan oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian, Human Resources Departement (HRD) University Club (UC) Hotel memiliki 5 (lima) strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan, yaitu : rekrutmen (recruitment), pelatihan (training), rotasi jabatan, penghargaan (reward) dan punishment. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pemberian penghargaan (reward) adalah strategi yang plaing sederhana (simple) dari HRD karena tidak berkaitan secara langsung dengan regulasi ataupun aturan yang ada dengan memberikan beban (pressure) kepada karyawan di University Club (UC) Hotel.

The objective of this Final Project research is to determine the strategy of the Human Resources Department (HRD) in improving the quality of Human Resources (HR) of employees at the Gadjah Mada University Club (UC) Hotel Yogyakarta. The research conducted by the author is a research using qualitative methods with the type of descriptive research (Qualitative Descriptive). Data collection techniques used are participant observation, semi-structured interviews, and documentation. There are two data used in this research, namely primary and secondary data. The primary data was obtained by the researcher by conducting participant observation and semi-structured interviews in depth (in-depth interviewing), while the secondary data was obtained through documentation and literature study which was elaborated by the author. Based on the results of the study, Human Resources Department (HRD) University Club (UC) Hotel has 5 (five) strategies implemented to improve the quality of Human Resources (HR) employees, namely: recruitment, training, job rotation, rewards. and punishments. From the results of the research conducted, reward is a simple strategy from HRD because it is not directly related to existing regulations or rules by giving pressure to employees at the University Club (UC) Hotel.

Kata Kunci : Strategi, HRD, Sumber Daya Manusia, Gadjah Mada University Club Hotel Yogyakarta.

  1. D3-2021-416436-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416436-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416436-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416436-title.pdf