Laporkan Masalah

PENGOLAHAN ARSIP KEPEGAWAIAN MELALUI SIKAWAN (SISTEM INFORMASI KARYAWAN) DI RUMAH SAKIT DR. OEN KANDANG SAPI SURAKARTA

ASRI SHARASWATI, Arif Rahman Bramantya, S.S., M.A

2021 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas akhir yang berjudul "Pengolahan Arsip Kepegawaian melalui Sikawan (Sistem Informasi Karyawan) di Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta" merupakan hasil dari pengumpulan data mengenai penggunaan Aplikasi Sikawan dalam pengelolaan sistem informasi kepegawaian selama pelaksanaan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menjelaskan pengolahan arsip kepegawaian melalui Sikawan. Kemudian secara detail tugas akhir ini menjelaskan tentang profil Aplikasi Sikawan, bagaiamana cara pengolahan Aplikasi Sikawan, sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan dalam mengoperasionalkan Aplikasi Sikawan, serta kendala yang dihadapi Aplikasi Sikawan di Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta dengan mengamati cara kerja sistem yang digunakan. Metode penelitian adalah ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran informasi menggunakan penelusuran tertentu. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode penelitian kualitatif, yang memerlukan studi pustaka, observasi partisipatif, dan wawancara. Studi Pustaka digunakan untuk memperkuat argumen sehingga dapat menyempurnakan pokok bahasan penulisan dengan mencari berbagai referensi. Observasi Partisipatif dilakukan dengan cara mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan pengolahan arsip yang ada di lapangan, kemudian membuat catatan mengenai hasil pengamatan tersebut sehingga dapat mengetahui pengolahan Aplikasi Sikawan di bagian PSDM Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta. Wawancara terstruktur dilakukan dengan Ibu Ratna sebagai Administrator bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ibu Ayu sebagai Penanggungjawab projek Sikawan bagian IT, dan Ibu Christina sebagai pengguna bagian Sekretariat, guna mendapatkan informasi yang lebih mendalam terutama terkait Aplikasi Sikawan. Kesimpulan dari Laporan Tugas Akhir ini adalah Aplikasi Sikawan dapat mempermudah aksesibilitas karyawan dalam mengolah informasi kepegawaian di RS. Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta, terutama dalam hal penemuan kembali dan mengakses informasi pribadi. Selain itu, Aplikasi Sikawan juga dapat meringankan pekerjaan bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam mengolah arsip iv personal file pegawai Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta, terutama dalam hal melakukan back up data dan mengamankan penyimpanan, menghemat tenaga dan anggaran perawatan arsip fisik, serta menghemat penggunaan bangunan. Aplikasi ini memiliki tiga tampilan yaitu tampilan IT, admin, dan user/pengguna. Aplikasi ini digunakan oleh semua pegawai untuk melakukan input data informasi kepegawaian. Namun Aplikasi Sikawan belum optimal karena tidak semua pegawai dapat mengoperasikan Aplikasi Sikawan, dan belum stabilnya Aplikasi Sikawan sehingga menyebabkan beberapa kendala teknis.

The Final Paper entitled "Personnel File Management with Sikawan (Sistem Informasi Karyawan) in Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital" is the result of data collection regarding the use of Sikawan Application in personnel information sistem during the implementation of field work practices carried out at Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital. The objective of this report is to describe the process of personnel file management with the Sikawan Application. In detail, this final paper will describe the profile, management mechanism, necessary facilities and infrastructures for operationalization, and the encountered obstacles, during the implementation of Sikawan Application in Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital by observing the applied working system. Research method is a branch of science used in collecting validated information by utilizing a certain way of tracing for data. The research method used in writing this Final Project Report are qualitative methods, which requires literature study, participatory observation, and interview. Literature Study are used to strengthen arguments and obtain relevant data so it they can refine the substance of the subject in writing, by searching for various references. Participatory Observation is carried out by observing and participate directly in the activity of archives management in the field, then making notes about the results of these observations so that we can understand the implementation of the Sikawan Application in the Human Resource Development Department of Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital. Structured Interviews were conducted involving Ibu Ratna as the Administrator of HRD Department, Ibu Ayu as the Person in Charge of Sikawan Project in IT Department, and Ibu Christina as a user in Secretariat Department, in order to obtain more in-depth information, especially related to Sikawan Application. The conclusion of this final report is that the Sikawan application can facilitate employee accessibility in managing personnel information in the Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital, especially in rediscovery and access to personal information. In addition, it eases the work of the HRD Department in managing personnel files of Dr. Oen Kandang Sapi Surakarta Hospital employees, especially in backing up data and securing storage, saving energy and reducing maintenance vicosts of physical archive, and reducing used space in buildings. This application has three user interfaces, namely the IT, admin, and user. This application is being used by all employees to input personnel information data. However, the Sikawan application is not optimally utilized because not all employees can use it, and the instability of Sikawan Application also resulted in some technical issues.

Kata Kunci : Pengolahan, Arsip Pegawai, Sistem Informasi, Management, Personnel File, Information System

  1. D3-2021-415540-abstract.pdf  
  2. D3-2021-415540-Bibliography.pdf  
  3. D3-2021-415540-TableOfContent.pdf  
  4. D3-2021-415540-Title.pdf