Laporkan Masalah

PERANCANGAN ULANG APLIKASI POINT OF SALE POS MLO DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FIGMA PADA AGEN POS KUDUS

MUHAMMAD IRSYAD R, Ihda Arifin Faiz, S.E., M.Sc

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Sistem informasi Point of Sale merupakan sebuah sistem informasi yang dirancang dan dibangun untuk mencatat transaksi penjualan dan mengolah data dengan membantu jalannya kegiatan operasional dan mempercepat proses pelayanan. Dewasa ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat sehingga orang-orang tidak terlepas dari internet karena kegunaannya. Agen Pos memiliki aplikasi Point of Sale berbasis internet bernama POS MLO. Pengamatan awal di lapangan menunjukkan beberapa permasalahan pada POS MLO dari segi antarmuka maupun pengalaman pengguna. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk memjawab permasalahan tersebut dengan merancang ulang POS MLO sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis dan perancangan ulang dilakukan dengan cara menganalisis masalah dengan metode Design Thinking. Penelitian ini menghasilkan desain menggunakan software Figma. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan Prototype aplikasi POS MLO yang lebih baik dalam segi antarmuka, pengalaman pengguna, dan pelayanan.

The Point of Sale information system is an information system designed and built to record sales transactions and process data by assisting operational activities and speeding up the service process. Today, technology is developing so rapidly that people cannot be separated from the internet because of its use. Postal agents have an internet-based Point of Sale application called POS MLO. After conducting preliminary research, several problems with POS MLO have emerged in terms of interface and user experience. Therefore, this study aims to answer these problems by redesigning the POS MLO in the hope that it can improve company services. The data collection techniques used were observation techniques, questionnaires, interviews, documentation, and literature study. Analysis and redesign were carried out by analyzing the problem with the Design Thinking method. This research produces a design using Figma software. The results of this study are expected to provide a better MLO POS application prototype in terms of interface, user experience, and service.

Kata Kunci : Point of Sale, Perancangan Ulang, Figma

  1. D3-2021-416114-abstract.pdf  
  2. D3-2021-416114-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-416114-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-416114-title.pdf