Laporkan Masalah

PERBEDAAN PENGARUH MEDIA PROMOSI KESEHATAN GIGI DAN MULUT MODEL VIDEO DAN ARTIKEL PADA APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TERKAIT KESEHATAN GIGI DAN MULUT SERTA KEPUASAAN PENGGUNA APLIKASI PADA MURID SEKOLAH MENENGAH ATAS

MEGA PUSPITANINGTYAS, dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D; drg. Lisdrianto Hanindriyo, MPH., Ph.D; Dr. drg. Sri Widiati, MPH; Dr. drg. Bambang Priyono, S.U

2021 | Tesis | MAGISTER ILMU KEDOKTERAN GIGI

INTISARI Pendahuluan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh media promosi kesehatan gigi dan mulut dengan model video dan artikel pada aplikasi berbasis android terhadap pengetahuan, sikap dan kepuasan pengguna aplikasi pada murid Sekolah Menengah Atas. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi experiment dengan rancangan penelitian two group pretest and postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 1 Pacitan dengan jumlah 283 siswa dan siswa kelas X SMA N 2 Pacitan, dengan jumlah 124 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh jumlah sampel 45 siswa untuk aplikasi video dan 45 siswa untuk aplikasi dengan artikel. Peneliti melakukan pretest dengan membagikan kuesioner pengetahuan dan sikap pemeliharaan kesehatan, kemudian melakukan promosi kesehatan model video dan artikel, dilanjutkan melakukan posttets pengetahuan, sikap dan kepuasan. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap murid sesudah diberikan promosi kesehatan dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar <0,01, peningkatan pengetahuan sesudah diberikan promosi menggunakan model artikel jauh lebih baik dibandingkan dengan model video, nilai rata-rata model artikel sebesar 56,67 lebih besar dibandingkan model video sebesar 34,33, peningkatan sikap pemeliharaan kesehatan sesudah diberikan promosi kesehatan gigi dan mulut menggunakan model artikel jauh lebih efektif dibandingkan dengan model video, perolehan nilai rata-rata model artikel sebesar 56,33 lebih besar dibandingkan model video dengan rata-rata 34,67. Terdapat 55,6% responden merasa sangat puas dengan aplikasi model video dan sebanyak 60% responden merasa puas dengan aplikasi model artikel. Kesimpulan : Penelitian ini menemukan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap murid SMA sesudah diberikan promosi kesehatan menggunakan model artikel dan video, model artikel dinilai lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap murid SMA dibandingkan model video.

ABSTRACT Introduction : This study aims to determine the difference in the effect of dental and oral health promotion media with video and article models on android-based applications on the knowledge, attitudes and satisfaction of application users in high school students. Research Methods : This type of research is a quantitative quasi-experimental research design with two group pretest and posttest design. The population in this study were all students of class X SMA 1 Pacitan with a total of 283 students and class X students of SMA N 2 Pacitan, with a total of 124 students. The sampling technique used was purposive sampling. The sample size was 45 students for the video application and 45 students for the article application. The researcher conducted a pretest by distributing health care knowledge and attitudes questionnaires, then conducting health promotion video and article models, followed by posttests of knowledge, attitudes and satisfaction. Research Results : The results showed an increase in students' knowledge and attitudes after being given health promotion as evidenced by the acquisition of a significance value of <0.01, the increase in knowledge after being promoted using the article model was much better than the video model, the average value of the article model was 56.67 is greater than the video model of 34.33, the increase in health care attitudes after being given dental and oral health promotion using the article model is much more effective than the video model, the acquisition of the average value of the article model is 56.33 greater than the model videos with an average of 34.67. There are 55.6% of respondents are very satisfied with the application of the video model and as many as 60% of respondents are satisfied with the application of the article model. Conclusion : This study found an increase in the knowledge and attitudes of high school students after being given health promotion using the article and video model, the article model was considered more effective in increasing the knowledge and attitudes of high school students than the video model.

Kata Kunci : Health Promotion Media, Video Media, Article Media, Android Application, Knowledge, Attitude, Satisfaction

  1. S2-2021-422194-abstract.pdf  
  2. S2-2021-422194-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-422194-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-422194-title.pdf