Laporkan Masalah

Strategi Pembuatan dan Penetapan Harga Paket Wisata pada Masa Pandemi di Biro Perjalanan OBKA Tourmaker Yogyakarta

HADIID ANANTO KUSUMA, Elisa Dwi Rohani, S.E, M.Sc. C.H.E.

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Paket wisata merupakan salah satu produk dari sebuah biro perjalanan wisata. Pada masa pandemi Covid-19, biro perjalanan wisata berlomba untuk membuat paket wisata semenarik mungkin agar dapat menarik minat wisatawan. Salah satu biro perjalanan wisata yang sedang membuat dan mengembangkan paket wisata menarik pada masa pandemi Covid-19 yaitu OBKA Tourmaker. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi OBKA Tourmaker dalam melakukan pembuatan dan penetapan harga paket wisata selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Terdapat lima langkah yang dilakukan oleh OBKA Tourmaker dalam membuat paket wisata, yaitu 1) Menentukan konsep paket wisata dengan strategi berdasarkan kategori biaya, berdasarkan keinginan pasar, paket wisata grup kecil dan paket wisata unik; 2) Menentukan lokasi wisata yang akan dikunjungi dalam sebuah paket wisata dengan memperhatikan beberapa kriteria; 3) Membuat itinerary; 4) Menentukan kebutuhan yang dibutuhkan selama kegiatan wisata; dan 5) Membuat rencana anggaran biaya. Terdapat dua strategi yang digunakan OBKA Tourmaker dalam menetapkan harga paketnya yaitu, penetapan harga paket berdasarkan permintaan dan penetapan harga paket berdasarkan biaya.

Tour packages are one of the products of a travel agency. During the Covid-19 pandemic, travel agencies are competing to make tour packages as attractive as possible in order to attract tourists. One of the travel agencies that is making and developing attractive tour packages during the Covid-19 pandemic is OBKA Tourmaker. The purpose of this study is to determine the OBKA Tourmaker's strategy in making and pricing tour packages during the Covid-19 pandemic. This study used a descriptive qualitative method. Data collection techniques carried out in this study were observation and interviews. Based on the research that has been done, it can be concluded that there are five steps taken by OBKA Tourmaker in making tour packages, there are 1) Determining the concept of tour packages with strategies based on cost categories, based on market desires, small group tour packages and unique tour packages; 2) Determine the tourist sites to be visited in a tour package by taking into account several criteria; 3) Make an itinerary; 4) Determine the needs needed during tourism activities; and 5) Make a budget plan. There are two strategies that OBKA Tourmaker uses in setting the package price, namely, package pricing based on demand and package pricing based on cost.

Kata Kunci : pembuatan paket wisata, penetapan harga paket, OBKA Tourmaker

  1. D3-2021-432212-abstract.pdf  
  2. D3-2021-432212-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-432212-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-432212-title.pdf