Laporkan Masalah

Evaluasi Pengendalian Aplikasi Pada Sistem Badan Layanan Umum Daerah

AMARTYA EKA PUTRI, Faiz Zamzami, SE., M.Acc., QIA., CMA.

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi pengendalian aplikasi pada sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang dikembangkan oleh PT Syncore Indonesia. Analisis terhadap pengendalian aplikasi tersebut dan membahas pengendalian yang ada di sistem BLUD serta kelebihan dan kekurangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa data yang diperoleh langsung dari pengguna aplikasi melalui wawancara. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari perusahaan. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu wawancara dengan pengguna aplikasi dan observasi mendalam terkait penggunaan Sistem BLUD. Berdasarkan observasi, pengguna aplikasi dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini dikarenakan tampilannya simpel dan mudah dipahami. Namun, sistem aplikasi sering mengalami kendala berupa bug atau error yang dapat menyebabkan penyusunan laporan keuangan terhambat. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kelebihan, kelemahan, dan masukan dalam pengendalian input, proses, dan output pada aplikasi berupa perbaikan sistem agar tidak sering terjadi bug atau kesalahan.

This study aims to determine the evaluation of application control on the Regional Public Service Agency system developed by PT Syncore Indonesia. The author analyzes the application controls and discusses the existing controls in the BLUD system and their advantages and disadvantages. The method used in this research is descriptive qualitative. Sources of data used in this study came from primary data and secondary data. Primary data in the form of data obtained directly from application users through interviews. While secondary data is data obtained from the company. The data collection method used by the author is interviews with application users and in-depth observations related to the use of the BLUD System. Based on observations, application users can easily use this application because it looks simple and easy to understand. However, the application system often encounters problems in the form of bugs or errors that can hamper the preparation of financial reports. The results of this study are the advantages, disadvantages, and inputs in controlling input, process, and output in the application in the form of system improvements so that bugs or errors do not often occur.

Kata Kunci : Aplikasi, Badan Layanan Umum Daerah, Evaluasi, Pengendalian/ Application, Regional Public Service Agency, Evaluation, Control

  1. D3-2021-431605-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431605-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431605-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431605-title.pdf