Laporkan Masalah

Tourist Interest During COVID-19 in Indonesia: An Instagram Visual Content and Spatial Analysis

FEBRIAN NUGROHO, Media Wahyudi Askar, S.IP., M.Sc., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Wabah penyakit dan pandemi telah mengubah orientasi minat wisatawan secara global dalam industri pariwisata. Perubahan berimplikasi pada strategi pemangku kepentingan mengenai perencanaan dan pemulihan di tengah ketidakpastian. Mengusulkan kerangka kerja big data media sosial dan foto buatan wisatawan sebagai sumber data, penelitian ini menganalisis minat wisatawan Indonesia selama pandemi COVID-19. Dengan mengadopsi Instagram, 19.718 foto yang dihasilkan wisatawan dieksplorasi dengan analisis konten visual dan analisis spasial berdasarkan ekstraksi data. Temuan membuktikan bahwa kerangka kerja yang diusulkan menunjukkan minat wisatawan selama COVID-19, yang didominasi oleh wisata alam, akomodasi, dan tempat wisata, dengan mayoritas wisatawan berkunjung pada akhir 2020. Hasil penelitian juga menunjukkan konsentrasi wisatawan selama COVID-19, di mana wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara menjadi destinasi wisata. Dengan demikian, penelitian ini secara komprehensif melengkapi penggunaan foto buatan wisatawan selama krisis dan bencana serta berkontribusi pada pemenuhan informasi pengembangan pariwisata pasca-COVID-19.

Disease outbreaks and pandemics have changed the orientation of tourists interest globally in the tourism industry. The changes have implications for stakeholder strategies regarding planning and recovery amid uncertainty. Proposing a framework by social media big data and tourist-generated photos as data sources, this study analyzes the interest of Indonesian tourists during the COVID-19 pandemic. By adopting Instagram, 19,718 tourist-generated photos were explored with visual content analysis and spatial analysis based on data extraction. The findings prove that the proposed framework shows tourist interest during COVID-19, which dominated by natural tourism, accommodation, and tourist attractions, with the majority of tourists visiting at the end of 2020. The results also show the concentration of tourists during COVID-19, where East Java, Bali, and Nusa Tenggara regions become tourist destinations. Thus, this research comprehensively complements the use tourist-generated photos during crises and disasters and contributes to the fulfillment of post-COVID-19 tourism development information.

Kata Kunci : Tourist Interest, Tourist-Generated Photos, Social Media, COVID-19

  1. S1-2021-409809-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409809-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409809-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409809-title.pdf