Laporkan Masalah

KEBIJAKAN PENANGANAN COVID-19 DI INDONESIA dalam RUANG PUBLIK DIGITAL (STUDI DI MEDIA ONLINE ASUMSI.CO)

RAHENDRA PRAMA, Dr. Ambar Widaningrum, M.A.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Ruang publik digital menjadi ruang bagi masyarakat Indonesia untuk saling berdiskusi dan memberikan saran terkait kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Selain masyarakat, di dalam ruang publik digital, terdapat new media, dalam hal ini Asumsi.co, mencoba memberikan beberapa konten-konten yang dapat dijadikan sebagai rujukan informasi, instrumen pengawasan, dan saran alternatif kebijakan untuk publik dan pemerintah dalam menyikapi kebijakan penanganan pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran agenda-setting di ruang publik digital yang dilakukan oleh Asumsi.co sebagai new media dalam menyikapi kebijakan penanganan pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten atau content analysis dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari berbagai konten Asumsi.co yang membahas kebijakan penanganan pandemi COVID-19 yang diunggah melalui platform Youtube dan Spotify. Hasil penelitian menunjukkan Asumsi.co telah melakukan peran agenda-setting sebagai new media yang diantaranya memberikan informasi, membuat konten, memberikan pesan, dan memberikan review dan mengevaluasi kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

Digital public sphere is becoming a space for people in Indonesia to discuss and give suggestion to their government policy on handling the COVID-19 pandemic. Other than society, on the digital public sphere, there is a new media, in this case Asumsi.co, try to create several contents which can be the reference for people to get information, monitor the policy, and give policy alternative suggestion for public and the government policy on handling the COVID-19 pandemic. This research aims to understand Asumsi.co agenda-setting role on digital public sphere that related to government policy on handling the COVID-19 pandemic. This research uses content analysis with qualitative approach. The data gathered from Asumsi.co contents which discussed government policy on handling the COVID-19 pandemic which uploaded on YouTube and Spotify. This research shows that Asumsi.co did the agenda-setting role as new media which includes giving information, creating contents, giving messages to society, and giving review and evaluating government policy on handling the COVID-19 pandemic.

Kata Kunci : : ruang publik digital, new media, kebijakan publik, agenda-setting

  1. S1-2021-399242-abstract.pdf  
  2. S1-2021-399242-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-399242-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-399242-title.pdf