Laporkan Masalah

Analytic Hierarchy Process (AHP) Analysis of Sustainable Procurement: A Multiple Case Study of Supplier Selection Process in PT Angkasa Pura II and PT GLOBAL Bank

FEBRIAN LUBNANDI A, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Di era dimana persaingan antar korporasi bersifat masif, aktivitas bisnis yang intens dapat membawa berbagai dampak terhadap lingkungan, umat manusia, dan kelangsungan hidup bisnis, yang akibatnya memunculkan agenda keberlanjutan dalam korporasi. Dalam aktivitas bisnis itu sendiri, aktivitas rantai pasok seperti pengadaan dapat menjadi fungsi yang dapat diintegrasikan dengan agenda keberlanjutan, dan diterapkan dalam bisnis sebagai praktik pengadaan yang berkelanjutan. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui implementasi pengadaan yang berkelanjutan, khususnya dalam proses pemilihan pemasok, dengan cara mengidentifikasi semua kriteria pemilihan pemasok berkelanjutan yang dapat diterapkan untuk digunakan dalam prosesnya, untuk memprioritaskan semua kriteria yang ditentukan oleh pengambil keputusan perusahaan, dan akhirnya untuk menemukan pemasok yang paling cocok untuk masing-masing proyek perusahaan berdasarkan kriteria yang ditentukan. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) akan digunakan untuk memenuhi semua tujuan penelitian yang telah disebutkan sebelumnya. Perusahaan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah PT Angkasa Pura II dan PT Global Bank. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan metode AHP memungkinkan PT Angkasa Pura II dan PT GLOBAL Bank untuk memprioritaskan kriteria pemilihan pemasok berkelanjutan yang telah ditentukan, dan memilih pemasok terbaik untuk proyek sesuai dengan kriteria tersebut.

In an era where competitions between corporations are undeniably massive, the intense business activities could bring various impacts towards the environment, mankind, and the business's longevity, which consequently brought the emergence of sustainability agendas in corporations. In the business activity itself, a supply chain activity such as procurement could become a function that might be integrated with sustainability agendas, and applied in the business as sustainable procurement practice. This research focuses on finding out the implementation of sustainable procurement, particularly in the supplier selection process, by identifying all the sustainable supplier selection criteria that are applicable to be used in the process, prioritizing all the determined criteria by the decision makers of the companies, and finally finding out the most suited supplier of each projects based on the determined criteria. Analytic Hierarchy Process (AHP) method will be utilized to fulfil all of the previously mentioned purpose of this research. The companies that were analyzed in this research are PT Angkasa Pura II and PT Global Bank. The findings showed that the utilization of AHP method enable PT Angkasa Pura II and PT GLOBAL Bank to prioritize the determined sustainable supplier selection criteria, and to select the best supplier for the project in accordance to the said criteria.

Kata Kunci : Sustainability, Procurement, Supplier Selection, Analytic Hierarchy Process.

  1. S1-2021-397170-abstract.pdf  
  2. S1-2021-397170-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-397170-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-397170-title.pdf