Laporkan Masalah

Penerapan Aplikasi SIKD Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun

KHAIRINA SUKMA P, Titi Susanti, S.S., M.P.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas akhir yang berjudul Penerapan Aplikasi SIKD Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Madiun membahas tentang input data dengan menggunakan aplikasi SIKD. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aplikasi SIKD dalam proses kegiatan pengurusan surat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun pada saat pandemi Covid-19. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui proses input surat pada aplikasi SIKD, sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan pengurusan surat, mengetahui kendala pengurusan surat, dan upaya yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun dalam menangani kendala. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, dan wawancara. Pertama, studi pustaka yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa sumber referensi yang berkaitan dengan pengurusan surat. Observasi partisipasi dilakukan dengan penulis terlibat langsung aktivitas pengurusan surat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Penulis menggunakan metode wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pengurusan surat kepada tiga narasumber yang bertugas pada bidang pengurusan surat dan staff PPID di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Sejak pandemi COVID-19 mulai muncul terjadi perubahan pada pengurusan surat yaitu dengan memberlakukan Aplikasi SIKD sebagai sarana pengurusan surat. Penerapan aplikasi SIKD sebagai sarana pengurusan surat memiliki kendala. Kendala yang dimiliki yaitu kurangnya pemahaman penerapan aplikasi SIKD, tidak adanya notifikasi pada sistem aplikasi SIKD yang memudahkan untuk mengetahui tindak lanjut dari instruksi yang diberikan dan masih mencetak dan menyimpan surat konvensional sehingga dua kali kerja.

This final paper titled Mail Handling During COVID-19 Pandemic in Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun discusses about data input using the SIKD application. The background of this research is to find out the application of the SIKD application in the process of mailhandling. The purpose writing this final project are to know how the process of inputting mail in the SIKD application, facilities and infrastructure that used for mail handling, and to know the problems of using mail handling, and the efforts made by Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun in dealing with the problems. There are three data collecting methods that used for writing this final paper, they are literature studies, participation observation and interviews. Literature studies conducted by collecting several reference sources that related to mail handling. participation observation was carried out with the author directly involved doing mail handling in Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Author used interviews metode with asking some questions related mail handling to three employees that has charge of the mail handling and PPID staff in Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Since COVID-19 pandemic started there is change that is implementation of SIKD application as facility for mail handling. The application of the SIKD application as a means of managing letters has problems. The problems are lack of understanding of the implementations of the SIKD application, there is no notification on the SIKD application system that makes it easy to find out the follow-up to the instructions given and still print and save conventional mail so it's twice the work.

Kata Kunci : Surat, Pengurusan Surat, Covid-19

  1. D3-2021-431695-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431695-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431695-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431695-title.pdf