Tinjauan Kritis Kebijakan Pendidikan Inklusif di ASEAN: Sebuah Systematic
FARRAH NAFISA, Dr. Indri Dwi Apriliyanti, S.IP.,MBA
2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKPendidikan inklusif dalam konteks pendidikan umum telah menjadi persoalan global, implementasi kebijakan pendidikan inklusif masih menemui beragam tantangan dan hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan literatur yang mendiskusikan mengenai pendidikan inklusif di negara-negara ASEAN. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dengan 32 artikel jurnal internasional yang masuk ke dalam kategori Q1 dan Q2. Penelitian ini menjelaskan mengenai tinjauan literatur pendidikan inklusif di ASEAN selama 10 tahun terkahir yakni dari tahun 2010 - 2020. Konteks negara dalam penelitian ini meliputi Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam klaster penelitian yang muncul dalam literatur mengenai pendidikan inklusif di negara-negara ASEAN. Klaster mengenai sikap, pengalaman, dan dampak terhadap guru di pendidikan inklusif paling banyak didiskusikan, guru memainkan peran kunci dalam implementasi kebijakan dan arah pembelajaran untuk keberhasilan dan keberlanjutan pendidikan inklusif. Oleh karena itu, sejumlah penelitian telah berfokus pada diskusi mengenai pendekatan guru. Sementara klaster yang mendiskusikan mengenai persepsi orang tua terhadap implementasi kebijakan pendidikan inklusif tidak banyak dibahas. Padahal orang tua juga turut berperan dalam melakukan inisiasi dan pemeliharaan dukungan untuk praktik pendidikan inkusif.
Inclusive education in the context of general education has become a global problem, the implementation of inclusive education policies still faces various challenges and obstacles. This study aims to identify the development of literature discussing inclusive education in ASEAN countries. This research method uses a Systematic Literature Review with 32 international journal articles that fall into the Q1 and Q2 categories. This study describes the literature review on inclusive education in ASEAN for the last 10 years, from 2010 until 2020. The contexts in this study include Singapore, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei, Cambodia, Vietnam, and the Philippines. The findings of this study indicate that there are six research clusters that have emerged in the literature on inclusive education in ASEAN countries. Clusters on attitudes, experiences, and impacts on teachers in inclusive education are the most discussed, teachers play a key role in policy implementation and learning directions for the success and sustainability of inclusive education. Therefore, more studies have focused on discussions of teacher approaches. Meanwhile, the cluster that discussed the perceptions of parents on the implementation of inclusive education policies was not widely discussed. Whereas parents also play a role in initiating and maintaining support for inclusive education practices.
Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Siswa Disabilitas, ASEAN, Kebijakan / Inclusive Education, Students With Dissability, Policy