Laporkan Masalah

Analyzing the Effect of Bali Bombing Incident towards Australia's Security Policy in Southeast Asia

ADAM NAZZORA C, Pak Muhadi Sugiono

2021 | Skripsi | S1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL

Serangan Bom Bali yang terjadi pada 12 Oktober 2002 mengejutkan Australia dan seluruh negara di Asia Tenggara. Serangan ini melayangkan banyak nyawa warga negara Australia yang kebetulan berada pada target lokasi serangan. Sebagai reaksi dari serangan tersebut, dapat ditemukan beberapa perubahan yang tampak pada transformasi pendekatan Australia dan Asia Tenggara di dalam kompleks keamanan regional di Asia Tenggara. Skripsi ini menganalisis bagaimana dan mengapa perubahan-perubahan terjadi di dalam kompleks keamanan regional tersebut dengan menggunakan teori kompleks keamanan regional dan konsep identitas negara dari Katzenstein. Faktor-faktor yang dianalisis adalah perubahan identitas negara Australia, perbandingan kompleks keamanan regional Asia Tenggara sebelum dan sesudah serangan, dan juga reaksi dari ASEAN dan Amerika Serikat terhadap transformasi pendekatan Australia di dalam kompleks keamanan regional tersebut.

The Bali Bombing incident that happened on October 12th 2002 caught Australia and the Southeast Asia region by surprise. The attack managed to kill numerous Australian who happened to be in the targeted locations. As a reaction of such attack, the incident triggered certain changes that are apparent in Australia and Southeast Asia's transformation of approach in the Southeast Asian RSC. This thesis analyses how and why certain changes happened in this particular RSC by utilizing the RSCT Theory as well as the state identity concept by Katzenstein. The factors that are being analysed are the changes on state identity of Australia, the comparison of Southeast Asian RSC before and after the attack, as well as the reaction coming from ASEAN as well as United States on Australia's transformation of approach in the RSC.

Kata Kunci : Australia, Bali Bombing, counterterrorism, regional security complex, Southeast Asia, state identity, terrorism / Asia Tenggara, Australia, Bom Bali, identitas negara, kompleks keamanan regional, kontraterorisme, terorisme

  1. S1-2021-396015-abstract.pdf  
  2. S1-2021-396015-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-396015-tableofcontent .pdf  
  4. S1-2021-396015-title .pdf