Laporkan Masalah

Responsivitas Pemerintah Kota Surakarta dalam Menangani Pandemi Covid-19 di Kota Surakarta

NURMALIA MASRIFAH, Dr. Ratminto, M.Pol.Admin.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Permasalahan pandemi Covid-19 di Kota Surakarta masih mencatatkan jumlah kasus yang tinggi. Berdasarkan Peraturan Walikota Surakarta Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Kota Surakarta, maka Pemerintah Kota Surakarta berkewajiban dalam menyelenggarakan penanganan Covid-19 di Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji bagaimana responsivitas Pemerintah Kota Surakarta dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Surakarta, selain itu juga untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan daerah dan sumber daya manusia berpengaruh terhadap tingkat responsivitas Pemerintah Kota Surakarta dalam menangani pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Surakarta yaitu Dinas Kesehatan Kota Surakarta sebagai penanggung jawab di bidang penanganan kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta sebagai penanggung jawab di bidang penegakkan hukum dan pendisiplinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung kepada narasumber dan data sekunder didapatkan melalui dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis interaktif. Penelitian ini menggunakan tiga indikator, yaitu (1) Sikap aparat birokrasi dalam merespon permasalahan, (2) Perbaikan penyelenggaraan penanganan pandemi Covid-19, dan (3) Tindakan aparat dalam menangani pandemi Covid 19. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas Pemerintah Kota Surakarta dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Surakarta sudah baik atau telah responsif, dibuktikan dengan: 1) Sikap yang ditunjukkan aparat birokrasi sudah responsif, terlihat dari adanya tindakan promotif dan preventif serta kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat menangani pandemi Covid-19. 2) Perbaikan penyelenggaraan penanganan pandemi Covid-19 juga telah dilakukan melalui perbaikan pelayanan kesehatan serta sarana dan prasarana yang digunakan dalam penanganan Covid-19. 3) Tindakan aparat dalam menangani pandemi Covid-19 dilakukan dengan beberapa upaya seperti pelaksanaan 3 T (Testing, Tracing, dan Treatment), pelaksanaan percepatan program vaksinasi, pembentukan Satgas Covid-19 Kota Surakarta, pembentukan Tim Cipta Kondisi, dan pembentukan Satgas Jogo Tonggo. Selain itu, faktor kepemimpinan daerah dan sumber daya manusia yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kota Surakarta juga berpengaruh terhadap tingkat responsivitas penanganan pandemi Covid-19 di Kota Surakarta.

The problem of the Covid-19 pandemic in Surakarta City still recording a high number of cases. Based on Surakarta Mayor Regulation Number 10 of 2020 regarding the Instructions of Handling the Corona Virus Disease 2019 in Surakarta, the Surakarta City Government is obliged to carry out the handling of Covid-19 in Surakarta City. This study aims to examine how responsiveness of The Surakarta City Government in handling the Covid-19 pandemic, as well as to find out how regional leadership and human resources affect the level of responsiveness of the Surakarta City Government in handling with the Covid-19 pandemic. The research was conducted at the Surakarta City Health Office and the Surakarta City Civil Service Police Unit. The research method used in this study is descriptive qualitative method. The data in this study consist of primary data and secondary data. The data collection techniques were obtained through direct interviews and documentation. The data analysis used in this study is interactive analysis. Furthermore, this study uses three indicators to examine the responsiveness, namely (1) the attitude of the bureaucratic apparatus in responding the problems, (2) the improvement of the handling the Covid-19 pandemic, and (3) the actions of the apparatus in handling with the Covid-19 pandemic. The results of this study show that the responsiveness of the Surakarta City Government in handling with the Covid-19 pandemic in Surakarta City is good or has been responsive: 1) The attitude shown by the bureaucratic apparatus id responsive, as can be seen from the promotive and preventive actions and cooperation with the various parties to be able in handling with the Covid-19 pandemic. 2) Improvements in handling the Covid-19 pandemic have also been carried out through improving health services as well as the facilities and the infrastructure. 3) The actions of the apparatus in handling with the Covid-19 pandemic were carried out with several efforts such as the implementation of 3 T (Testing, Tracing, and Treatment), the acceleration of the vaccination program, the formation of the Surakarta City Satgas Covid-19, the formation of the Tim Cipta Kondisi, and the formation of the Satgas Jogo Tonggo. In addition, the factors of regional leadership and human resources in charge of handling the Covid-19 pandemic in Surakarta City have an influence on the responsiveness of handling the Covid-19 pandemic in Surakarta City.

Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Penanganan Pandemi, Responsivitas / Covid-19 Pandemic, Pandemic Handling, Responsiveness

  1. S1-2021-409819-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409819-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409819-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409819-title.pdf