Laporkan Masalah

Partisipasi dan Kepercayaan dalam Pendidikan: Studi Persepsi Orang Tua Siswa SD Mengenai Program Pembelajaran pada Masa Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19

CLARA LITA BR. BUKIT, Puguh Prasetyo Utomo, S.IP., M.P.A.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepercayaan orang tua terhadap penyelenggara pendidikan dan tingkat partisipasi orang tua dalam program pembelajaran anak di tingkat SD. Secara khusus penelitian ini mengkaji tingkat kepercayaan dan partisipasi orang tua pada masa sebelum dan selama pandemi Covid-19. Berbeda dengan sebelum adanya pandemi Covid-19, selama pandemi siswa mengikuti pendidikan dari rumah atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penelitian dilakukan dengan pendekatan mixed methods, yaitu pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan non probability sampling dan wawancara untuk mendukung data survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan orang tua terhadap penyelenggara pendidikan mengalami penurunan, yaitu lebih rendah selama pandemi dibandingkan masa sebelum pandemi. Penurunan tingkat kepercayaan ini lebih banyak merepresentasikan ketidakpuasan orang tua terhadap guru dalam memberikan pelayanan kepada anak mereka selama pandemi. Menurunnya tingkat kepercayaan orang tua disebabkan oleh semakin jarangnya sekolah melibatkan orang tua dalam program pembelajaran selama pandemi. Akibatnya, tingkat partisipasi orang tua mengalami penurunan, dari sebelum PJJ berada pada tingkat yang rendah dan semakin rendah selama PJJ. Terbatasnya sekolah dalam melibatkan orang tua ini berimplikasi pada pelayanan sekolah yang banyak dianggap tidak sesuai dengan harapan orang tua, yang pada akhirnya mengakibatkan tingkat kepercayaan terhadap sekolah semakin menurun. Karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan antara tingkat kepercayaan dan partisipasi adalah saling berkaitan dan bahkan dapat saling mempengaruhi.

This study aimed to determine the level of parental trust in education providers and the level of parental participation in children's learning programs at the elementary level. In particular, this study examines the level of trust and participation of parents before and during the Covid-19 pandemic. Unlike before the Covid-19 pandemic, during the pandemic students attended education from home or commonly known as distance learning (PJJ). The research was conducted using a mixed-methods approach, namely data collection was carried out through surveys with non probability sampling and interviews to support survey data. The results showed that the level of parental trust in education providers decreased, which was lower during the pandemic compared to the period before the pandemic. This decline in the level of trust represents more of a parent's dissatisfaction with teachers in providing services to their children during the pandemic. The declining level of parental trust is caused by the fact that schools rarely involve parents in learning programs during the pandemic. As a result, the level of parental participation has decreased, from before PJJ was at a low level and is getting lower during PJJ. The limited number of schools involving parents has implications for school services that are considered not in line with parents' expectations, which in turn results in the level of trust in schools decreasing. Therefore, this study concludes that the relationship between the level of trust and participation is interrelated and can even influence each other.

Kata Kunci : kepercayaan, partisipasi, pendidikan, pandemi Covid-19/Trust, Participation, Education, Covid-19 pandemic

  1. S1-2021-413104-abstract.pdf  
  2. S1-2021-413104-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-413104-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-413104-title.pdf