Laporkan Masalah

PERUMUSAN STANDARDISASI ALAT BANTU �PENDAFTARAN RISIKO� BERBASIS STANDAR ISO 31000:2018

RAHADHI PRATAMA, Ir.Hari Agung Yuniarto, S.T., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.

2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Risiko merupakan sebuah efek dari ketidakpastian pada tujuan yang dapat diekspresikan sebagai sumber risiko, potensi kejadian, konsekuensi, atau kemungkinan sebagaimana disebut dalam ISO 31000:2018. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pendaftaran risiko-risiko yang dapat terjadi di dalam proses atau manajemen organisasi/instansi. Dampak, frekuensi kemunculan, hingga kapabilitas sistem yang dimiliki untuk mengantisipasi kemunculan risiko penting untuk diidentifikasi, dikaji, dan ditanggapi sebagai tindak lanjut dari besarnya risiko tersebut. Namun, perbedaan interpretasi dan tingkat kebutuhan atas ekstensifitas alat pendaftaran risiko (atau disebut risk register) membuat format standar alat pendaftaran risiko sangat variatif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perumusan komposisi informasi (atau format) dari alat bantu pendaftaran risiko yang menggunakan pendekatan standar ISO 31000:2018 sebagai panduan dari proses manajemen risiko. Alat bantu yang dirumuskan bertujuan agar terdapat format yang bersifat fleksibel untuk digunakan oleh organisasi/instansi dengan bidang apapun. Selain itu, komposisi informasi yang diletakkan dan diurutkan dalam alat bantu bersifat kronologis sehingga mempermudah proses analisis risiko dan memberikan keleluasaan pengguna untuk mendetilkan kajian risiko mulai dari tahap identifikasi hingga perencanaan mitigasi risiko. Alat bantu ini juga memiliki informasi seperti skala Severity, Occurrence, Detection, Risk Priority Number, Level of Risk, dan Tolerance of Risk. Hasil alat bantu pendaftaran risiko merupakan sebuah tabel kajian risiko dengan komposisi informasi yang mengadopsi poin dari ISO 31000:2018. Diharapkan dari hasil perumusan format alat bantu ini, akan membuat pengembangan alat bantu pendaftaran risiko agar memiliki format fleksibel yang mengikuti standar tertentu.

Risk is an effect of uncertainty on objectives that can be expressed as a source of risk, potential event, consequence, or likelihood as referred to in ISO 31000:2018. Therefore, it is important to register the risks that may occur in the process or management of the organization/agencies. The impact, the frequency of occurrence, to the capability of the system to anticipate the emergence of risks are important to be identified, studied, and responded to as a follow-up to the magnitude of the risk. However, the different interpretations and the level of needs for the extensiveness of risk registration tools (or so-called risk registers) make the standard format of risk registration tools varied. This study aims to formulate the information composition (or format) of a risk registration tool using the ISO 31000:2018 standard approach as a guide for the risk management process. The tool that is formulated aim to provide a flexible format to be used by organizations/agencies from any field. In addition, the composition of the information that is placed and sorted within the tool is chronological, thus simplifying the risk analysis process and giving users flexibility to detailed risk assessments from the identification stage to risk mitigation planning. This tool also has information such as scale of Severity, Occurrence, Detection, Risk Priority Number, Level of Risk, and Tolerance of Risk. The results of the risk registration tool are a risk assessment table with the composition of information that adopts points from ISO 31000:2018. It is hoped that the results of the formulation of the format of this tool will lead to the development of risk registration tool that has a flexible format which follows certain standards.

Kata Kunci : Risk, Risk Register, ISO 31000:2018, Manajemen Risiko, Kajian Risiko

  1. S1-2021-395148-abstract.pdf  
  2. S1-2021-395148-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-395148-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-395148-title.pdf