PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP SELF-EFFICACY FAMILY CAREGIVER DALAM MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA DI PUSKESMAS JETIS II, BANTUL
VIONA APRILA, Sri Warsini, S. Kep., Ns., M. Kes., Ph.D; Puji Sutarjo, S.Kep., Ns., MPH
2021 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANINTISARI Latar Belakang: Self efficacy adalah keyakinan terhadap diri sendiri yang sangat optimisme dan memiliki harapan agar dapat memecahkan masalah tanpa rasa putus asa. Salah satu upaya untuk meningkatkan self-efficacy pada family caregiver pasien skizofrenia adalah dengan menggunakan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan melalui metode ceramah menggunakan power point dan booklet diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy family caregiver ketika merawat pasien skizofrenia. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap self-efficacy family caregiver dalam merawat pasien skizofrenia di Puskesmas Jetis II, Bantul. Metodologi: Penelitian ini merupakan Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2020 – Januari 2021 pada 19 family caregiver pasien skizofrenia di Puskesmas Jetis II, Bantul. Pengambilan data dilakukan 2 kali yaitu sebelum (pretest) dan 10 hari setelah pendidikan kesehatan (posttest). Instrumen yang digunakan adalah Caregiver Self-Efï¬cacy Scale (CaSES) untuk mengukur self-efficacy responden family caregiver dan kuesioner CCS untuk skrining responden. Analisis data yang digunakan adalah Paired t test dan Wilcoxon. Hasil: Self efficacy family caregiver sebelum dan setelah diberikan intervensi termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis menunjukkan terjadi peningkatan skor CaSES total dari 71,75 ± 8,60 menjadi 74,00 ± 8,41. Namun pada uji statistika menggunakan paired t-test diperoleh hasil (p=0,136>0,05) sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor total CaSES sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap self-efficacy family caregiver dalam merawat pasien skizofrenia di Puskesmas Jetis II, Bantul.
ABSTRACT Background: Self-efficacy is optimism and expectation of own’s ability to solve an issue without feeling hopeless. Among the ways of improving the self-efficacy of a family caregiver of schizophrenic patients is through health education. Health education here refers to a method of lecture/talk using power point and distribution of booklets, which are expected to improve the self-efficacy of a family caregiver when treating schizophrenic patients. Research Objective: This research aims to discover the impact of health education to the self-efficacy of family caregivers when treating schizophrenic patients at Puskesmas Jetis II, Bantul. Methodology: This is a Pre-Experimental with One-Group Pretest-Postest design study. Data collection was carried out in November 2020 – Januari 2021 on 19 schizophrenia patient family caregivers at Puskesmas Jetis II, Bantul. Data were collected twice, before (pre-test) and 10 days after the health education intervention (post-test). Family caregiver self-efficacy were measured using Caregiver Self-Efï¬cacy Scale (CaSES) and the CCS questionnaire for screening. Paired t-test and Wilcoxon are used to analyze the data. Result: Self-efficacy of family caregivers before and after the intervention was found to be moderate. The result showed an increase in the total CaSES scores from 71,75 ± 8,60 to 74,00 ± 8,41. The higher the score, the higher the possibility of self-efficacy reported. However, the paired t-test showed no significant (p=0,136 >0,05) between CaSES score before and after the health education intervention. Conclusion: Health education did not make a significant impact to the self-efficacy of family caregivers in treating schizophrenic patients at Puskesmas Jetis II, Bantul.
Kata Kunci : Kata Kunci: CaSES, family caregiver, pendidikan kesehatan, self-efficacy, skizofrenia