Laporkan Masalah

Analisa Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja Listrik (K3 Listrik) pada Gardu ST 19 di PT. Jakarta International Container Terminal (Jict)

ZAKIY FAKHRILLAH, Ma'un Budiyanto, S.T,. M.T.

2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNOLOGI LISTRIK

Terminal peti kemas sangat membutuhkan energi listrik dalam kegiatan operasionalnya yang digunakan pada crane - crane yang mengangkat peti kemas, pada gedung - gedung dan site office dilapangan, pada penerangan area container, dan untuk transmit data dan utilitas lainnya. PT. JICT dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik sehingga tidak menimbulkan banyak kerugian. Seiring dengan kegiatan terminal container yang bekerja 24/7 sepanjang tahun, maka untuk menjaga kontinuitas penyalurannya mutlak diperlukan suatu sistem kelistrikan yang handal. Salah satunya mengantisipasi kecelakaan kerja dengan menerapkan K3 yang terkait dengan kecelakaan tersebut, salah satunya K3 listrik untuk menghindari kecelakaan kerja listrik. Tujuan disusunnya laporan ini untuk menganalisa dan menerapkan sistem kesehatan dan keselamatan kerja pada gardu ST 19 yang terdapat di PT. JICT agar dapat terbentuk tempat kerja yang aman, nyaman dan bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja, sehingga para tenaga kerja dapat meingkatkan produktivitas kerja mereka di perusahaan ini.

Container terminals really need electrical energy in their operational activities which are used in cranes that lift containers, in buildings and site offices in the field, in lighting the container area, for transmitting data, and other utilities. PT. JICT is required to provide the best service so as not to cause much loss. Along with the activities of the container terminal which works 24/7 throughout the year, to maintain the continuity of its distribution a reliable electrical system is necessary. One of them is to anticipate work accidents by implementing K3 related to these accidents, one of which is electricity K3 to avoid electrical work accidents. The purpose of this report is to analyze and apply the occupational health and safety system at the ST 19 substation located at PT. JICT is in order to form a workplace that is safe, comfortable and free from accidents and occupational diseases, so that workers can increase their work productivity in this company.

Kata Kunci : Kesehatan dan Keselamatan Kerja, K3 Listrik, gardu, ST 19

  1. D3-2021-411129-abstract.pdf  
  2. D3-2021-411129-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-411129-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-411129-title.pdf