Laporkan Masalah

USABILITY ZOOM CLOUD MEETING PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19

DESY LARASATI, M. Kusumawan Herliansyah, ST., MT., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Pandemi Covid-19 telah memaksa pelaksaan pembelajaran dilakukan secara daring dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi seperti Zoom Cloud Meeting. Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi video conference dengan orang lain tanpa harus bertemu fisik secara langsung. Meskipun Zoom Cloud Meeting banyak digunakan dalam proses pembelajaran daring, namun keberhasilannya belum dapat dipastikan, karena membutuhkan penyesuaian baik dari tenaga pengajar atau peserta didiknya. Pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat usability Zoom Cloud Meeting pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Metode kausal melalui analisa regresi berganda yang dibantu dengan Software SPSS v.23.0 menjadi alternatif yang digunakan untuk melihat hubungan dan pengaruh dari usability Zoom Cloud Meeting pada pembelajaran daring. Selain itu, digunakan pula pengukuran persepsi responden mengenai tingkat usability Zoom Cloud Meeting dalam pembelajaran daring yang dibantu dengan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan tingkat usability Zoom Cloud Meeting pada pembelajaran daring mahasiswa semester 1 �¢ï¿½ï¿½ 3 Program Studi Teknik Industri Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik berada pada kategori yang rendah. Diketahui pula jika pengaruh usabilitas terhadap pembelajaran secara daring mencapai 24,8% sedangkan pengaruh komponen usabilitas yang paling dominan yaitu efisien. Oleh karena itu peningkatan usabilitas Zoom Cloud Meeting baiknya difokuskan kepada variabel efisien agar dapat menambah kebergunaan pada pembelajaran daring.

The Covid-19 pandemic has forced the implementation of learning to be carried out online by utilizing information technology developments such as Zoom Cloud Meeting. Zoom Cloud Meeting is an application that can support the needs of video conference communication with other people without having to meet physically in person. Although Zoom Cloud Meeting is widely used in the online learning process, its success cannot be ascertained, because it requires adjustment from either teaching staff or the student. This research aims to determine how high the usability level of Zoom Cloud Meeting in online learning is during the Covid-19 pandemic. The causal method through multiple regression analysis assisted by SPSS v.23.0 Software is an alternative used to see the correlation and the influence of Zoom Cloud Meeting usability in online learning. In addition, the measurement of respondents' perceptions of the usability level of Zoom Cloud Meeting in e-learning assisted by Microsoft Excel 2016. The results showed that Zoom Cloud Meeting usability level in online learning for semester 13 students of the Industrial Engineering Study Program, Department of Mechanical and Industrial Engineering, Faculty of Engineering, was in the low category. It is also known that the correlation of usability in online learning had reached 24.8%, while the influence of the most dominant usability component is efficiency. Therefore, increasing the usability of Zoom Cloud Meeting should focus on the efficiency variable in order to increase the usability of online learning.

Kata Kunci : pembelajaran daring, usability, Zoom Cloud Meeting, Covid-19

  1. S1-2021-400083-abstract.pdf  
  2. S1-2021-400083-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-400083-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-400083-title.pdf