Laporkan Masalah

ANALISIS PENYEBAB KECACATAN SEAL PADA PROSES FILLING NATA DE COCO KEMASAN SACHET DI PT PRIMA KEMASINDO, BOYOLALI, JAWA TENGAH

NOVIA DEWI ASMORO W, Diklusari Isnarosi Norsita, S.T.P., M.Si.

2021 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

PT Prima Kemasindo merupakan perusahaan yang memproduksi nata de coco dengan perisa buah-buahan dan dikemas dalam kemasan sachet dengan nama dagang "Marico". PT Prima Kemasindo Boyolali ini didirikan pada tahun 2017 sebagai anak cabang perusahaan di Bekasi. Semua produk di PT Prima Kemasindo telah bersertifikat halal dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk reject yang terjadi pada perusahaan ini antara lain bocor seal melipat, problem karena sensor, isi kurang, nata terjepit, dan dating tidak ada. Produk reject yang memiliki jumlah banyak adalah produk seal melipat dengan presentase sebesar 25,4% sehingga diperlukan analisis pengendalian mutu untuk mengurangi kerugian akibat produk cacat. Analisis pengendalian mutu yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode Diagram Pareto dan Diagram Ishikawa. Faktor mesin dikarenakan pengaturan corong dan sealer yang kurang pas, faktor manusia dikarenakan operator yang kurang teliti, faktor metode dikarenakan tidak ada tindakan preventive mesin, dan faktor material karena seal dari supplier kurang bagus. Tindakan perbaikan yang dapat dilakukan antara lain meningkatkan perawatan mesin terutama corong dan sealer, meningkatkan kedisiplinan kerja operator, membuat SOP dan WI pencegahan kecacatan produk dan melakukan pengecekan kedatangan bahan dari supplier dengan lebih teliti.

PT Prima Kemasindo is a company that produces nata de coco with fruit flavors and is packaged in sachets with the trade name "Marico". PT Prima Kemasindo Boyolali was founded in 2017 as a subsidiary company in Bekasi. All products at PT Prima Kemasindo are halal certified and registered with the Food and Drug Supervisory Agency (BPOM). Reject products that occur at this company include leaky folding seals, problems due to sensors, insufficient contents, pinched nata, and missing dating. Reject products that have a large number are folded seal products with a percentage of 25.4% so that quality control analysis is needed to reduce losses due to defective products. Analysis of quality control used in this study is to use the Pareto diagram method and Ishikawa diagram. The machine factor is due to the improper adjustment of the funnel and sealer, the human factor due to the operator being less careful, the method factor because there is no machine preventive action, and the material factor because the seal from the supplier is not good. Corrective actions that can be taken include improving machine maintenance, especially funnels and sealers, increasing operator discipline, making SOPs and WIs to prevent product defects and checking the arrival of materials from suppliers more thoroughly.

Kata Kunci : diagram ishikawa, diagram pareto, seal kemasan

  1. D3-2021-245732-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425732-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425732-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425732-title.pdf