ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN PERTANIAN MENJADI NON PERTANIAN SEKITAR GERBANG TOL SOLO-KERTOSONO DI KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR
HANIFAH MAKARIM, Dr. Andri Kurniawan, S.Si., M.Si.
2021 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAHPembangunan memberikan pengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan. Salah satunya pembangunan infrastruktur transportasi baru di suatu daerah. Perubahan atas pembangunan yang terjadi sering kali meningkatkan konversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian. Penelitian bertujuan untuk 1) mengidentifikasi jenis dan luas perubahan penggunaan lahan sebelum dan sesudah pembangunan gerbang tol di Colomadu, 2) menganalisis pola spasial perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi non pertanian sekitar Gerbang Tol Solo-Kertosono di Kecamatan Colomadu, 3) menganalisis dampak perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi non pertanian terhadap kondisi lahan pertanian sekitar Gerbang Tol Solo-Kertosono di Kecamatan Colomadu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Unit analisis terdiri dari blok perubahan lahan sekitar gerbang tol dengan jarak 0-3 km dari gerbang tol yang terbagi menjadi 3 zona. Pengumpulan data dilakukan dengan interpretasi visual citra, observasi lapangan, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi non pertanian yang signifikan sekitar Gerbang Tol Solo-Kertosono di Kecamatan Colomadu. Hal ini ditandai dengan perubahan luasan lahan pertanian jenis sawah irigasi yang banyak mengalami perubahan. Perubahan sawah irigasi sebesar 425,36 Ha menjadi 328,59 Ha. Semakin dekat blok perubahan lahan terhadap gerbang tol maka keterkaitan perubahannya semakin kuat. Terdapat perbedaan pola spasial perubahan penggunaan lahan. Zona 1 dan 3 memiliki pola perubahan memanjang mengikuti jalan, sedangkan zona 2 memiliki pola perubahan menyebar. Perubahan penggunaan lahan juga memberikan dampak negatif pada kondisi lahan pertanian. Penurunan terjadi pada kualitas lahan, saluran irigasi, ketersediaan lahan, produksi pertanian, dan jumlah petani disekitar gerbang tol.
Development has an influence on changes in land use. One of them is the development of new transportation infrastructure in an area. Changes in development that occur often increase the conversion of agricultural land to non-agricultural land. This research aims to 1) identify the type and extent of land use changes before and after the construction of toll gates in Colomadu Sub-District, 2) analyze the spatial pattern of changes in agricultural land use to non-agricultural land use around the Solo-Kertosono Toll Gate in Colomadu Sub-District, 3) analyze the impact of changes in the land use of agricultural to non-agricultural on the condition of agricultural land around the Solo-Kertosono Toll Gate in Colomadu Sub-District. This research uses quantitative and qualitative methods. The unit of analysis of this research consists of of a block of land change around the toll gate with a distance of 0-3 kilometers from the toll gate which is divided into 3 zones. Data collection was done by visual interpretation of satellite imagery, field observations, and in-depth interviews. The results of this research indicate that there have been a significant change in the use of agricultural land to non-agriculture around the Solo-Kertosono Toll Gate in Colomadu Sub-District. This is indicated by change in the area of agricultural land types of irrigated rice field which have undergone many changes. Changes in irrigated rice fields from 425.36 Ha to 328.59 Ha. The closer the land change block is to the toll gate, the stronger the change linkages. There are different spatial patterns of land use change. Zones 1 and 3 have a longitudinal change pattern following the road, while zone 2 has a spreading pattern of change. Changes in land use also have a negative impact on the condition of agricultural land. The decrese occurred in land quality, irrigation canals, land availability, agricultural production, and the number of farmers around toll gates.
Kata Kunci : Perubahan Penggunaan Lahan, Lahan Pertanian, Gerbang Tol