Laporkan Masalah

ANALISIS BIAYA PROMOSI DAN VOLUME PENJUALAN PADA PT PRABU WIJAYA SEJAHTERA

DEVANI JASMIN S W, Hilda Octavana Siregar, S.E., M.Acc., CA.

2021 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT Prabu Wijaya Sejahtera. Desain penelitian merupakan penelitian campuran (mixed). Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif bersumber dari data primer berupa kegiatan promosi dan pengeluaran biaya serta data sekunder berupa laporan biaya promosi dan laporan laba rugi yang didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan metode analisis korelasi rank spearman menggunakan perhitungan manual dan menggunakan software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan serta penurunan biaya promosi dan volume penjualan berbanding terbalik pada tahun 2014 dan 2016 serta penurunan signifikan pada tahun 2020. Hasil uji korelasi rank spearman yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan signifikan yang sangat kuat dan searah antara biaya promosi dengan volume penjualan pada PT Prabu wijaya sejahtera yang berkorelasi sebesar 0,700 atau 70%.

This research aims to analyze the effect of promotional costs on sales volume at PT Prabu Wijaya Sejahtera. The research design is a mixed research. The type of data is qualitative anda quantitative data sourced from primary data in the form of promotional activities and expens and secondary data in the form of promotional expense reports and income statements through interviews and documentation. The data were analyzed by descriptive techniques and the Spearman rank correlation analysis method using manual calculations and using IBM SPSS Statistic 25 software. The results showed that the increase and decrease in promotional costs and sales volume were inversely proportional in 2014 and 2016 and a significant decrease in 2020. Results Spearman rank correlation test conducted, it can be concluded that there is a very strong and unidirectional correlation or significant relationship between promotional costs and sales volume at PT Prabu Wijaya Prosperous which has a correlation of 0.700 or 70%.

Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan.

  1. D3-2021-431611-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431611-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431611-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431611-title.pdf