Laporkan Masalah

PEMBERITAAN PROTES DI THAILAND DALAM MEDIA DARING LE MONDE DAN LE FIGARO: ANALISIS PEMBINGKAIAN

R GILANG SEPTA MULYA, Dr. B.R. Suryo Baskoro M.S

2021 | Skripsi | S1 SASTRA PRANCIS

Sebuah peristiwa dapat dengan cepat disampaikan oleh media dengan bantuan internet dan bisa diakses dengan mudah oleh pembaca. Peran media dalam menyebarkan informasi seringkali dikemas dengan cara yang berbeda menggunakan pembingkaian. Bingkai yang diciptakan dapat mempengaruhi pembaca dalam melihat suatu realitas. Penelitian ini mengulas bagaimana media daring Le Monde dan Le Figaro membingkai pemberitaan aksi protes di Thailand. Penelitian ini menggunakan empat artikel berita yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis pembingkaian Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki, dengan melihat struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris untuk mengetahui bingkai dari kedua media. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua media mendukung gerakan pro-demokrasi di Thailand. Namun, terdapat perbedaan dalam penyampaian berita, seperti Le Figaro yang berusaha menampilkan jurnalisme berimbang dibandingkan dengan Le Monde yang lebih provokatif.

An event can be quickly delivered by the media with the help of the internet and can be accessed easily by readers. The role of the media in disseminating information is often packaged in a different way by framing. The frame created can influence the reader in seeing a reality. This study examines how Le Monde and Le Figaro's online media framed the news of protests in Thailand. The study used four news articles analyzed using the framing analysis methods of Zhongdang Pan and Gerald Kosicki, looking at the syntax, script, thematic, and rhetorical structures to determine the frame of both media. The results showed that both media supported the pro-democracy movement in Thailand. However, there are differences in news delivery, such as Le Figaro trying to display balanced journalism, compared to Le Monde that is more provocative.

Kata Kunci : pembingkaian, media, analisis wacana/framing, media, discourse analysis

  1. S1-2021-399779-abstract.pdf  
  2. S1-2021-399779-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-399779-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-399779-title.pdf