Laporkan Masalah

Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Microsoft Access Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus: Holistic Production)

SUTRISNO RAHARJO HADI ATMAJA, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk aplikasi sistem informasi akuntansi berbasis microsoft access yang dapat diterapkan di Holistic Production pada fungsi pembukuan dan pelaporan keuangan sesuai standar akuntansi untuk mengatasi masalah ketidakmampuan dalam penyajian informasi akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan penelitian pengembangan (research development). Peneliti mempelajari serta mengidentifikasi satu UMKM di bidang jasa konveksi untuk dijadikan landasan perancangan dan pengembangan sistem informasi akuntansi berbasis microsoft access. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan tiga tahap pengolahan data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengidentifikasi transaksi rutin terdiri dari transaksi penerimaan kas, transaksi pengeluaran kas untuk pembelian bahan baku utama dan pendukung, transaksi produksi, transaksi sumber daya manusia dan penggajian, transaksi pengeluaran kas untuk pembayaran sewa kantor, listrik, dan internet, serta transaksi pemasaran. Sementara itu, proses bisnis Holistic Production terdiri dari aktivitas pembelian bahan baku utama dan pendukung, aktivitas pemotongan, aktivitas pembordiran dan penyablonan, aktivitas penjahitan, aktivitas penyelesaian dan pengemasan, serta aktivitas penerimaan kas. Hasil akhir dari penelitian ini berupa perangkat lunak akuntansi berbasis microsoft access yang mampu menyediakan Buku Besar, Laporan Laba Rugi, Laporan Posisi Keuangan (Neraca), Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Arus Kas.

The purpose of this research is to develop the role of accounting information system application based on Microsoft Access that can be applied in Holistic Production on the function of bookkeeping and financial reporting according to accounting standards to overcome the problem of the inability to present accounting information. This research is qualitative research using a research development approach. Researchers studied and identified one UMKM in the convection service sector to be used as the basis for designing and developing an accounting information system based on Microsoft Access. Furthermore, data analysis was carried out with three stages of data processing, namely data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research that has been done, the researchers identified routine transactions consisting of cash receipts transactions, cash disbursements transactions for the purchase of main and supporting raw materials, production transactions, human resources and payroll transactions, cash disbursements transactions for office rent payments, electricity, and the internet, and marketing transactions. Meanwhile, Holistic Production business processes consist of purchasing activities for main and supporting raw materials, cutting activities, embroidery and screen printing activities, sewing activities, finishing and packaging activities, and cash receipts activities. The final result of this research is a Microsoft Access-based accounting software that is able to provide General Ledger, Income Statement, Statement of Financial Position (Balance Sheet), Statement of Changes in Equity, and Statement of Cash Flows.

Kata Kunci : UMKM, sistem informasi akuntansi, proses bisnis, microsoft access, laporan keuangan

  1. S1-2021-411798-abstract.pdf  
  2. S1-2021-411798-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-411798-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-411798-title.pdf