Staff Gathering Hotel New Saphir Yogyakarta
DYDIN ARY PRASTYANI, Handayani Rahayuningsih, S.S., M.Sc., C.H.E.
2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAPelayanan di hotel tergantung pada kepuasan kerja karyawannya. Untuk meningkatkan kepuasan kerja di Hotel New Saphir Yogyakarta diadakan staff gathering yang menjadi reward untuk karyawannya. Staff Gathering Hotel New Saphir Yogyakarta dirancang oleh Human Resource Department yang juga memiliki tugas untuk memberi kompensasi kepada karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persiapan staff gathering dan pelaksanaan staff gathering Hotel New Saphir Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah Karyawan Hotel New Saphir Yogyakarta Departemen Human Resource. Hasil dari penelitian ini yang pertama yaitu perencanaan staff gathering Hotel New Saphir Yogyakarta dilakukan oleh Human Resource Department kemudian didiskusikan dengan pimpinan hotel. Kedua yaitu agenda staff gathering yaitu berkumpul di hotel, perjalanan menuju lokasi, briefing, outbound dan jungle war paint ball, ishoma, dan perjalanan menuju hotel.
Service at the hotel depends on the job satisfaction of its employees. To increase job satisfaction at Hotel New Saphir Yogyakarta, a staff gathering was held which became a reward for its employees. The Staff Gathering at Hotel New Saphir Yogyakarta was designed by the Human Resource Department, which also compensates its employees. This study aims to find out about the preparation of staff gatherings and the implementation of staff gatherings at Hotel New Saphir Yogyakarta. This study uses qualitative research methods with data collection techniques, namely interviews, literature studies, and documentation. The data analysis technique in this study went through three stages, namely data reduction, data presentation, and concluding. The informants of this study were employees of the New Saphir Hotel Yogyakarta from the Human Resource Department. The first result of this research is that the planning for staff gathering at Hotel New Saphir Yogyakarta is carried out by the Human Resource Department and then discussed with the hotel management. The second is the staff gathering agenda, namely gathering at the hotel, traveling to the location, briefing, outbound and jungle war paintball, ishoma, and a trip to the hotel.
Kata Kunci : Staff Gathering, Kompensasi, Hotel New Saphir Yogyakarta