Laporkan Masalah

Gambaran Literasi Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Kesehatan Universitas Gadjah Mada

ALYA MAHARANI, Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., Ns., MAN., DNP ; Sri Warsini, S.Kep., Ns., M.Kes., PhD

2021 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Literasi kesehatan mental merupakan kemampuan individu untuk dapat memahami dan memanfaatkan informasi medis terkait kesehatan mental. Mahasiswa kesehatan sebagai calon tenaga kesehatan pemberi layanan kesehatan mental perlu meningkatkan literasi kesehatan mental agar bisa memberikan pelayanan kesehatan mental dengan baik. Belum banyak penelitian terkait gambaran literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran literasi kesehatan mental pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Keperawatan, dan Psikologi UGM. Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Sebanyak 328 mahasiswa Prodi Dokter, Keperawatan, dan Psikologi UGM menjadi responden. Pengambilan data menggunakan media Jotform pada bulan Desember 2020 - Januari 2021. Kuesioner yang digunakan Mental Health Literacy Scale (MHLS). Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan unpaired t-test dan Anova. Hasil: Gambaran literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan tergolong baik dengan rata-rata skor 120,6. Ketiga program studi mendapatkan rata-rata skor nilai tertinggi pada domain Pengetahuan tentang layanan bantuan profesional dan nilai terendah pada domain Sikap terhadap orang dengan gangguan kesehatan mental.Terdapat perbedaan literasi kesehatan mental antara mahasiswa prodi Psikologi dengan prodi Keperawatan dan prodi Pendidikan Dokter. Perbedaan literasi kesehatan mental berdasarkan angkatan terdapat pada angkatan 2017 dengan angkatan 2019. Namun tidak terdapat perbedaan literasi kesehatan mental berdasarkan jenis kelamin dan usia. Kesimpulan: Gambaran literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan di UGM tergolong baik. Skor literasi kesehatan mental pada mahasiswa kesehatan perlu ditingkatkan dengan memfokuskan edukasi kepada mahasiswa mengenai sikap terhadap orang dengan gangguan kesehatan mental dan pencarian bantuan profesional.

Background: Mental health literacy is an individual's ability to understand and utilize medical information related to mental health. Health students as candidates for mental health service providers need to improve mental health literacy in order to provide good mental health services. There are not many studies related to the description of mental health literacy in health students. Research Objectives: To find out the description of mental health literacy in students of the UGM Medical, Nursing, and Psychology Education Study Program. Methods: Descriptive quantitative research with cross-sectional design. A total of 328 students of UGM Medical, Nursing, and Psychology Study Program became respondents. Data collection using Jotform media in December 2020 - January 2021. The questionnaire used was the Mental Health Literacy Scale (MHLS). Data analysis was performed by univariate analysis and bivariate analysis using unpaired t-test and ANOVA. Results: The description of mental health literacy in health students is classified as good with an average score of 120.6. The three study programs got the highest average score in the Knowledge domain about professional assistance services and the lowest score in the Attitude towards people with mental health disorders. Differences in mental health literacy by generation are found in the 2017 class with the 2019 class. However, there is no difference in mental health literacy based on gender and age. Conclusion: The description of mental health literacy in health students at UGM is good. Mental health literacy scores in health students need to be improved by focusing on educating students about attitudes towards people with mental health disorders and seeking professional help.

Kata Kunci : literasi kesehatan mental, mental health literacy scale, mahasiswa

  1. S1-2021-412227-abstract.pdf  
  2. S1-2021-412227-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-412227-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-412227-title.pdf