Laporkan Masalah

Terapi Menulis pada Anak Berkebutuhan Khusus (ADHD & Autis) oleh Orangtua: Validasi Modul

LISA NUR FARIDA, Ira Paramastri, Dr.,M.Si., Psikolog

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Modul terapi yang disusun secara sistematis, terstruktur dan mudah digunakan menjadi sangat berarti ketika sistem pembelajaran harus dilakukan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan melakukan validasi modul terapi menulis (TM3) yang disusun oleh peneliti agar dapat dipergunakan orangtua secara mandiri dengan tujuan meningkatkan kemampuan anak dengan kondisi ADHD & Autis untuk melakukan pemusatan perhatian melalui terapi menulis. Partisipan penelitian ini 5 psikolog klinis, 5 terapis okupasi dan 42 orangtua dari anak yang terdiagnosa ADHD dan Autis melalui survey semi online. Validasi meliputi dua proses, yaitu: validasi isi dan validasi empirik. Hasil validasi isi modul adalah 0,827 dan validasi keterbacaan 0,833 (v>0,5) dengan kategori validitas baik. Pada pengujian validitas empirik berdasarkan respons dari 42 partisipan diperoleh nilai reliabilitas (r11) = 0,787 termasuk dalam kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan modul terapi menulis (TM3) ini valid baik secara empirik maupun isi, dan modul dapat digunakan untuk melatih (terapi) anak.

Therapy modules that are systematically arranged, structured and easy to use become very meaningful when the learning system must be carried out independently. This aims of the study is to examine the validity of the writing therapy module (TM3) which was compiled by the researcher so that parents can use it independently with the aim of increasing the ability of children with ADHD & Autism to concentrate attention through writing therapy. Participants in this study were 5 clinical psychologists, 5 occupational therapists and 42 parents of children diagnosed with ADHD and Autism through a semi-online survey. Validation includes two processes, namely: content validation and empirical validation. The results of the validation of the content of the module are 0.827 and the readability validation is 0.833 (v> 0.5) with a good validity category. In testing the empirical validity based on responses from 42 participants, the reliability value (r11) = 0.787 was included in the high category. This shows that the (TM3) writing therapy module is valid both empirically and content, and the module can be used to train (therapy) children.

Kata Kunci : ADHD & Autis, peran orangtua, modul terapi menulis (TM3)

  1. S2-2021-434000-Abstract.pdf  
  2. S2-2021-434000-Bibliography.pdf  
  3. S2-2021-434000-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-434000-Title.pdf