ANALISIS KUALITAS PRIORITAS KOMPETITIF DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA PELAYANAN HOTEL THE JOURNEY
ADITYA AGUNG PAMBUDI, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.
2021 | Tesis | Magister ManajemenPerubahan yang dinamis dalam bisnis baik secara lingkungan bisnis seperti pada masa COVID-19 maupun pengelolaan sumber daya perusahaan memberikan tantangan bisnis tersendiri bagi perusahaan. Pemilihan prioritas kompetitif merupakan kunci dari pencapaian keunggulan kompetitif yang berhubungan langsung dengan kinerja bisnis. Prioritas kompetitif dalam bisnis bidang pelayanan terdapat penekanan strategis pada pengembangan kapabilitas pelayanan tertentu yang dapat meningkatkan nilai perusahaan di pasar. Kualitas dari pelayanan dapat dilakukan untuk mengukur kapabilitas pelayanan tertentu tersebut. Penelitian dilakukan dengan motede kualitatif deskriptif. Pendekatan untuk menemukan prioritas kompetitif dan keunggulan kompetitif pada Hotel The Journey yakni menggunakan Improvement Gap Analysis dan dimensi kompetitif pada pelayanan. Metode analisis data merupakan analisis dari pengumpulan data kuesioner yang dilanjutkan observasi dan wawancara terhadap pemilik hotel untuk mengkonfirmasi dan mendukung hasil dari Improvement Gap Analysis. Improvement Gap Analysis dapat memberikan pertimbangan berupa prioritas pengembangan atas atribut pelayanan yang memiliki sifat basic, performance, excitement dan neutral tanpa membutuhkan informasi mengenai analisis dari kompetitor. Dimensi kompetitif terdiri dari sepuluh dimensi yang efektif untuk bidang pelayanan. Perbedaan tingkatan kepentingan dari masing-masing dimensi tersebut dapat menentukan gaya strategi perusahaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan. Penelitian menghasilkan pelayanan-pelayanan yang termasuk ke dalam dimensi prioritas dan keunggulan kompetitif. Analisis dari pelayanan tersebut juga memberikan perencanaan pengembangan sehingga Hotel The Journey memiliki keunggulan kompetitif.
Dynamic changes in the business, both in terms of the business environment such as COVID-19 and in managing company resources, present its own business challenges for any firms. Selection of competitive priorities is the key to achieving competitive advantage which is directly related to business performance. Competitive priorities in a service setting comprise a strategic emphasis on developing certain service capabilities that can increase the value of the company in the market. The quality services can be used to measure the capability of this particular service. The research was conducted using a descriptive qualitative method. The approach to finding competitive priorities and competitive advantages in The Journey Hotel is using the Improvement Gap Analysis and the competitive dimensions of service. The data analysis method is an analysis of questionnaire data collection followed by observations and interviews with hotel owner to confirm and support the results of the Improvement Gap Analysis. Improvement Gap Analysis can provide consideration in the form of development priorities for service attributes that have basic, performance, excitement and neutral characteristics without requiring information about the analysis of competitors. The competitive dimension consists of ten dimensions that are effective for the service sector. The different levels of importance of each of these dimensions can determine the style of corporate strategy and management of company resources. Research produces services that fall into the dimensions of priority and competitive advantage. The analysis of these services also provides development planning so that The Journey Hotel has a competitive advantage.
Kata Kunci : Improvement Gap Analysis, Kualitas Pelayanan, Dynamic Capabilities, Dimensi Kompetitif, Keunggulan Kompetitif