Laporkan Masalah

Prevalensi, Intensitas, dan Identifikasi Trichodina spp. pada Benih Ikan Nila Merah (Oreochromis sp.) dari Janti, Klaten

ASTHONY PURWANDA FEBRIAWAN, Dr. Ir. Triyanto, M.Si.

2021 | Skripsi | S1 AKUAKULTUR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan intensitas parasit Trichodina serta mengidentifikasi spesies Trichodina pada benih ikan nila merah dari PBIAT Janti dan BUMDES Janti, Klaten. Dalam penelitian ini dilakukan penghitungan prevalensi dan intensitas parasit Trichodina spp. Identifikasi Trichodina spp. dilakukan secara morfologi dengan melakukan pengukuran diameter adhesive disc dan jumlah gigi denticle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi Trichodina spp. pada benih ikan nila merah di PBIAT Janti adalah 100% (kategori "Selalu") dengan intensitas 72,4 individu/ekor yang termasuk dalam kategori "Intensitas Tinggi". Sedangkan prevalensi Trichodina spp. pada benih ikan nila merah di BUMDES Janti adalah 80% (kategori "Biasanya") dengan intensitas 12,5 individu/ekor yang termasuk dalam kategori "Intensitas Rendah". Hasil identifikasi Trichodina pada benih ikan Nila Merah dari Janti, Klaten adalah Trichodina meridionalis dan Trichodina sp.

This study aims to determine the prevalence and intensity of Trichodina parasites and to identify Trichodina species in red tilapia fry from PBIAT Janti and BUMDES Janti, Klaten. In this study, the prevalence and intensity of the Trichodina spp. was calculated. Identification of Trichodina sp. was done morphologically by measuring the diameter of the adhesive disc and the number of denticles. The results showed that the prevalence of Trichodina spp. in red tilapia fry in PBIAT Janti was 100% ("Always" category) with an intensity of 72.4 individuals/fish which was included in the "High Intensity" category. Meanwhile, the prevalence of Trichodina spp. in red tilapia fry in BUMDES Janti is 80% ("Usually" category) with an intensity of 12.5 individuals/fish which is included in the "Low intensity" category. The results of the identification of Trichodina in red Tilapia fry from Janti, Klaten were Trichodina meridionalis and Trichodina sp.

Kata Kunci : benih ikan nila merah, intensitas, prevalensi, Trichodina sp.

  1. S1-2021-412782-abstract.pdf  
  2. S1-2021-412782-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-412782-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-412782-title.pdf